Akil Ditangkap, Buzz Mahfud Melonjak

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Masyarakat media sosial (netizen) dan berita online sedang tertarik dengan pernyataan-pernyataan yang dilontarkan mantan Ketua Mahkamah Monstitusi Mahfud MD, berkenaan dengan ditangkapnya Ketua MK Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (2/10) malam lalu.

Dalam rilis kepada sayangi.com, hasil monitoring media yang dilakukan Esa Communications (Escomm) terhadap berita online dan media sosial, sejak penangkapan hingga Jumat (4/10) pukul 18.30 Wib, nama Mahfud diberitakan, dibicarakan dan di-share beritanya sebanyak 6.976 kali.

Netizen pemilik akun di Twitter lah yang paling banyak membicarakan dan men-share berita Mahfud sebanyak 5.478 kali. Sementara Mahfud diberitakan sebanyak 719 di media online serta sebanyak 750 menjadi status facebook dan berbagi.

Dibanding sehari sebelum penangkapan Akil, yakni tanggal 1 Oktober 2013, total buzz Mahfud hanya sebanyak 370, seputar komentarnya yang menilai konvensi Partai Demokrat sebagai hal alamiah, efektifkan elektabilitas capres dan soal perlunya Poros Kekuatan Tengah.
            
Buzz terhadap Mahfud mulai melonjak Rabu (2/10) malam, beberapa menit setelah Akil tertangkap tangan oleh KPK di rumahnya. Hanya dalam beberapa jam sejak penangkapan hingga pukul 00.00 Wib, Buz Mahfud tercatat sebanyak 519 yang antara lain diberitakan sebanyak 231 kali, beritanya di-share dan dikomentari sebanyak 172 kali dan menjadi status di facebook sebanyak 106.
            
Esok harinya, Kamis (3/10), buzz Mahfud berada pada puncaknya, yakni mencapai 4.145. Mahfud diberitakan di internet sebanyak 355 kali. Berita-berta itu kemudian paling banyak di-share dan dikomentari di Twitter sebanyak 3.324 dan menjadi status di Facebook sebanyak 451.

Lalu pada Jumat (4/10)  hingga pukul 18.30 Wib, total buzz Mahfud sebanyak 2.302 dengan twitter yang tetap terbanyak men-share maupun berkicau tentang pernyataan Mahfud yang minta agar Akil Mochtar yang mantan rekan kerjanya di MK itu dihukum seberat-beratnya sebanyak 1.981. Kemudian sebanyak 123 kali diberitakan.

Pernyataan politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul yang menyentil Mahfud dan Jimly agar tidak melakukan pencitraan di atas bangkai teman sendiri juga cukup ‘membantu’ meningkatkan buzz Mahfud.

Hari ini berita yang paling banyak di share di Twitter, yakni komentar Mahfud bahwa tertangkapnya Akil sebagai petaka negara. Ini di-share di Twitter sebanyak 159 kali. Terbanyak kedua yang di-share di Twitter, yakni berita dengan judul ‘Mahfud: Akil Mochtar Mengaku Sajalah’, yang dishare sebanyak 131.

Lantas, berita atas komentar Mahfud soal ditemukannya lintingan ganja di ruang kerja Aqil, di-share sebanyak 117 pemilik akun Twitter.

Berita pernyataan Mahfud agar Akil dihukum seberat-beratnya, di-share sekitar 94-an netizen pemilik akun Twitter. Ada juga berita dengan judul mengutip pernyataan Mahfud ‘90 Persen Kasus Akil Terbukti Bermasalah’. Berita ini di-share oleh sekitar 81 netizen.

Lantas, apa saja komentar netizen terhadap kasus Akil yang berkaitan dengan Mahfud? Akun Twitter ‘kang_nugo’ dalam kicauannya menyebutkan,”Orang pintar (Mahfud MD ) minum tolak angin… Orang sial (Akil Mochtar) kemasukan angin”. Tapi ada juga yang to the point terhadap Mahfud, seperti yang ditulis oleh pemilik
akun ‘aisyah_SR ‘; Wah Mahfud MD ini semakin laris aja di tipi2…ya itung2 kampanye gratis lah ya untuk capres 2014.