Ban Ki-moon Prihatin Bentrokan Terjadi di Mesir Lagi

Foto: eastafro.com

Washington, Sayangi.com – Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Ban Ki-moon menyatakan keprihatinannya atas meningkatnya kembali ketegangan di Mesir setelah bentrokan mematikan di Kairo.

Ban Ki-monn melalui kata juru bicara PBB Martin Nesirky mengatakan, dengan munculnya demonstrasi-demonstrasi yang berulang terhadap pemerintah yang didukung militer Ahad depan, Ban menekankan pentingnya protes damai, menghormati kebebasan berserikat dan komitmen untuk mengatakan tidak pada kekerasan.

“Ban menyoroti keprihatinannya pada kekerasan serius itu,” tambah juru bicara.

Empat orang tewas di Kairo dan 45 terluka di seluruh negeri dalam bentrokan antara pendukung Ikhwanul Muslimin dari presiden Mohamed Moursi yang digulingkan dan pasukan keamanan, kata para petugas medis. Morsi digulingkan dan ditahan oleh militer pada bulan Juli hingga saat ini.

“Sekretaris Jendral PBB terus menggarisbawahi perlunya masukan politik dan penghormatan penuh terhadap hak asasi manusia. Termasuk mereka yang ditahan dalam penjara dan aturan hukum sebagai dasar untuk transisi yang berlangsung damai dan demokratis,” kata Nesirky.

Demonstrasi-demonstrasi yang diperkirakan akan digelar pada hari Minggu ditengarai sebagai peringatan ulang tahun perang 1973 dengan Israel. (FIT/AFP)