Sambut Kaki 5 Night Market, Medan Merdeka Selatan Ditutup

Foto/Ilustrasi : straight.com

Jakarta, Sayangi.com – Demi melancarkan akses jalan terkait dengan adanya pasar malam atau kaki 5 night market yang digelar Sabtu (5/10), arus lalu lintas menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dialihkan. Selain itu, Rute bus Trans Jakarta koridor II (Pulogadung-Harmoni juga akan dialihkan.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, penutupan jalan dilakukan bertahap. Mulai pukul 11 siang, sebagian jalur, khususnya sisi selatan ke arah barat akan ditutup. Itu dilakukan untuk memberikan waktu pada penyelenggara pasar malam untuk menyiapkan tenda. Kemudian, jam 3 sore hingga 11 malam, barulah Jalan Medan Merdeka sisi Selatan akan ditutup total. Jalan baru bisa digunakan secara normal pada pukul 01.00 dini hari.

“Dalam hal ini, kami sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Jadi jalan Medan Merdeka Selatan, sisi selatan akan kita tutup mulai dari depan Kedubes Amerika sampai Bundaran Air Mancur Patung Kuda,” ujar kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Udar Pristono, kepada wartawan di Balaikota DKI, Sabtu (5/10).

Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan, kata Udar, diarahkan melalui Jalan M Ridwan Rais, jalan Medan Merdeka Timur dan jalan Medan Merdeka Utara. Sedangkan pengalihan busway koridor II, dari Halte Busway Harmoni akan melalui Pasar Baru-Pejambon-Kwitang-Pulo Gadung.

Menurut Udar, akan ada tiga halte yang tidak dilalui, yaitu Halte Busway Monas, Halte Busway Balaikota, dan Halte Busway Gambir II. Pengalihan rute ini dilakukan mulai pukul 15.00-23.00 WIB.

“Untuk pengunjung, area parkir disediakan di empat lokasi, yaitu di lapangan parkir IRTI, Jalan Silang Medan Merdeka Barat, Jalan Silang Medan Merdeka Timur Daya, dan Stasiun Gambir. Kegiatan Kaki-5 Night Market selanjutnya akan dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu pada waktu dan di lokasi yang sama, jadi mayarakat diharapkan untuk menyesuaikan,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 400 pedagang kaku lima (PKL) binaan dan non binaan akan ikut kegiatan kaki-5 Night Market. Sebanyak 300 PKL non kuliner dan 100 PKL kuliner akan berjualan di kegiatan yang dikelola ariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta ini.

PKL binaan akan berjualan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan. Sementara untuk PKL non binaan akan berjualan di sepanjang Jalan Agus Salim, Wisma Antara sampai Jalan Sabang.

Khusus untuk hiburan, ada tiga panggung yang tersedia. Mulai dari depan Balaikota, depan Gedung Telkom, dan Wisma Antara. (FIT)