Minum ASI dengan Cangkir Lebih Baik Daripada Dot

Foto/Ilustrasi : Asprosdental

Jakarta, Sayangi.com – Wanita pekerja seringkali kesulitan untuk menyusui bayinya secara langsung sehingga kebanyakan mereka menggunakan botol susu (dot) untuk memberikan ASI. Rupanya kebiasaan ini tidak cukup baik karena dengan menggunakan botol susu, bayi tidak secara langsung menggunakan indera perasanya.

Satgas Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Elizabeth Yohmi, SpA mengatakan bahwa lebih baik menggunakan cangkir untuk bayi saat minum. Hal ini lebih memaksimalkan penggunaan lidah dan bayi bisa sedini mungkin belajar mencecap rasa.

Selain itu, minum menggunakan cangkir juga merangsang pencernaan bayi agar lebih baik serta mendorong bayi melakukan koordinasi pernafasan, menghisap dan menelan.

Tak hanya itu, minum ASI atau susu dengan menggunakan cangkir bisa memungkinkan kontak mata dengan ibu. Caranya, cukup mendekap erat bayi saat ia hendak minum dan ajaklah dia berkomunikasi sembari melakukan kontak mata.

Cangkir juga memungkinkan bayi mengontrol jumlah dan kecepatan minumnya meski untuk pertama kali penggunaan hrus ekstra hati-hati karena bisa saja membuat byi tersedak.

Yohmi menambahkan, sebenarnya tak ada masalah bagi ibu yang memberikan minum menggunakan sendok. Tetapi menurutnya, menggunakan sendok akan membuat ibu dan bayi kesulitan. Ibu akan kesulitan karena berarti harus menyiapkan gelas dan sendok baru kemudian diberikan pada bayi. Sementara kalau menggunakan cangkir saja, bayi akan merasa puas minum. (FIT)