Jokowi Janji Benahi Festival Kuliner Kaki Lima

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengakui penyelenggaraan perdana festival kuliner Kaki Lima Night Market masih memiliki banyak kekurangan.

“Namanya juga baru penyelenggaraan pertama kali. Jadi wajarlah saya rasa kalau masih banyak kekurangannya,” kata Jokowi ketika mengunjungi stand-stand para pedagang dalam festival Kaki Lima Night Market di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu malam.

Jokowi menuturkan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan festival tersebut supaya lebih baik lagi kedepannya. “Setelah ini, tentunya kita akan adakan evaluasi. Kita akan koreksi dan perbaiki segala kekurangan, sehingga Kaki Lima Night Market berikutnya bisa berlangsung lebih baik lagi,” tutur Jokowi.

Menurut dia, salah satu poin yang akan dievaluasi adalah penerapan uang elektronik atau e-money oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli dalam kegiatan tersebut. “Kita ingin sekali menerapkan e-money. Makanya momen ini pas untuk dilakukan ujicoba. Tapi, sejauh ini kita lihat memang masih banyak stand yang tidak menerapkannya karena peralatan belum memadai. Pelan-pelanlah, nanti juga semua bisa menerapkannya,” ujar Jokowi.

Disamping itu, dia mengungkapkan poin lain dari acara tersebut yang harus dilakukan evaluasi, yakni menyangkut hal-hal teknis, seperti listrik yang mengaliri setiap stan. “Waktu hujan deras tadi, ada laporan lampu-lampu di stand tidak menyala. Kemudian, hiburan juga sempat tertunda. Pokoknya semua ini akan kita evaluasi lagi. Kita lihat hasilnya, dan kita perbaiki di pergelaran berikutnya,” ungkap Jokowi.

Hujan deras disertai angin kencang sempat mengguyur di tengah-tengah berlangsungnya Kaki Lima Night Market malam ini, yakni mulai dari pukul 18.30 dan baru reda sekitar pukul 19.30 WIB. Para pengunjung sempat panik dan berhamburan untuk mencari tempat berteduh. Namun, ketika hujan mulai reda, mereka kembali ke lokasi untuk menikmati festival tersebut. (MSR/ANT)