Hasil Lab BNN: Benda di Ruangan Akil Positif Narkoba

Jakarta, Sayangi.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) akhirnya mengumumkan hasil uji laboratorium terhadap benda yang ditemukan di ruangan Akil Mochtar ketika KPK melakukan penggeledahan. Hasilnya, benda-benda tersebut positif mengandung zat adiktif jenis ganja dan ekstasi.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Badan Narkotika Nasional, Kombes Sumirat Dwiyanto menjelaskan bahwa obat terlarang yang diserahkan oleh pihak Mahkamah Konstitusi kepada BNN itu terdiri dari 3 linting ganja dan dua pil yang mengandung methampehetamin. Kedua pil tersebut biasa disebut ekstasi atau inex.

“Ada 3 linting yang diduga ganja dan 1 yang telah dipakai itu positif ganja dan mengandung THC (tetrahydrocannabinol) atau narkoba golongan satu jenis ganja. Kemudian untuk 2 pil berwarna ungu dan hijau positif mengandung methamphetamine yang  dilarang peredarannya sesuai UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika”, kata Sumirat dalam jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Minggu (6/10)

Selanjutnya, untuk memastikan apakah Akil Mochtar seorang pengguna narkoba, tim assesment dari BNN melakukan koordinasi dengan pihak KPK untuk mengambil sampel urin dan melakukan tes pada rambut yang bersangkutan untuk mengetahui kadar penyalahgunaan obat terlarang tersebut. (S2)