Disebut Hanya Pencitraan Jokowi, Mobil Esemka Muncul Lagi

Foto: tovavanjava

Jakarta, Sayangi.com – Setelah sekian lama ‘menghilang’ dari publik, mobil Esemka kembali muncul ke permukaan. Bahkan tidak tanggung-tanggung, pada Oktober ini, mobil yang sempat heboh sekitar setahun lalu itu, langsung akan memproduksi dalam jumlah yang besar.

Soal mobil Esemka ini memang banyak isu-isu yang mengiringinya. Terlebih ketika Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais membawa-bawa perihal mobil yang menaikkan nama Jokowi ini ke wilayah politik.

Amien pernah menyebut mobil Esemka yang mengantarkan Jokowi menjadi Gubernur DKI sebagai pencitraan semata. Pasalnya, mobil tersebut sudah ‘tidak ada kabar’ dalam waktu yang lama.

“Seperti misalnya dulu mobil Esemka. Itu kan menggemparkan Asia Tenggara. Kemudian di mana sekarang mobil Esemka itu. Itu kemudian hilang, tapi pengaruhnya luar biasa itu. Jadi model-model seperti ini kita harus waspadai. Sebagai rakyat yang harus mulai berpikir kritis, demokratis, hal-hal seperti ini harus kita waspadai,” kata Amien, Jumat (13/9/2013).

Namun kini, mobil Esemka kembali muncul. Hal ini diketahui dari niat produsen mobil Esemka, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) untuk memproduksi mobil Esemka sebanyak 40 unit per bulan.

Produksi ini dilakukan dengan dua tipe, yakni tipe SUV bernama Rajawali dan tipe pick-up dengan nama Bima.

“Bulan ini kita produksi massal, diharapkan November sudah ada di tangan customer,” kata Public of Communications PT SMK Budhi Martono di Jakarta, Minggu (6/10/2013).