Elektabilitas Ahok Merangkak Dekati Jokowi

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Sebuah lembaga penelitian, Cyrus Network mengumumkan hasil survei mereka tentang elektabilitas tokoh-tokoh yang memiliki peluang maju sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Pemilu 2014 nanti. Hasilnya, Jokowi-Ahok dinilai berpeluang berpasangan lagi di tingkat nasional.

Ibarat pasangan ganda dalam bulutangkis yang telah meraih gelar penting, pasangan Jokowi-Ahok dianggap cocok untuk dipertahankan. Tak hanya sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI, tapi juga Capres-Cawapres Republik Indonesia. Setidaknya, begitulah hasil riset Cyrus Network.

Dalam rilis yang disebar ke media, Cyrus Network menyatakan, survei yang dilakukan selama dua minggu (23-28 Agustus 2013 dan 12-14 September 2013) itu melibatkan 1.020 responden dengan margin of error 3,1 persen. Mengggunakan metode multistage random sampling.

Hasilnya menunjukkan, Basuki Tjahaja Purnama dianggap memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Cawapres, angkanya mencapai 21 persen, sama dengan Dahlan Iskan. Disusul oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa (16 persen), taipan media Hary Tanoesoedibjo (9,9 persen), dan Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan (2,9 persen).

Sementara untuk kategori Capres, Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi masih berada di posisi teratas dengan pencapaian 45,6 persen. Disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (13,8 persen), Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (12,5 persen), Ketua Umum Partai Hanura Wiranto (7 persen), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (5,5 persen), dan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (6,1 persen). (MSR)