Jamaah Salat Subuh Diserang, 20 Orang Tewas

Foto: globalpost.com

Maiduguri (Nigeria), Sayangi.com – Kelompok pemberontak Boko Haram mengklaim lima orang anggota mereka tewas dalam serangan terhadap sebuah masjid di timur laut Nigeria selama akhir pekan. Sementara militer Nigeria menyebut, 15 pemberontak tewas dalam insiden itu.

Serangan terbaru oleh kelompok garis keras, yang telah mengobarkan pemberontakan sejak tahun 2009 itu, terjadi pada Sabtu pagi di Kota Damboa, negara bagian Borno. “Para teroris menyerang jamaah di sebuah masjid dan menewaskan lima orang yang datang untuk melakukan salat Subuh,” kata militer Nigeria, lewat Kapten Aliyu Ibrahim Danja.

Pemberontak dikabarkan juga membakar kediaman resmi dan pendopo kabupaten bersama dengan beberapa toko. “Pasukan tentara terlibat bentrokan dengan teroris, membunuh 15 orang sementara yang lain melarikan diri dalam situasi yang kacau,” ujar Aliyu.

Pihak Boko Haram sendiri mengklaim berjuang untuk mendirikan negara Islam di utara Nigeria, tetapi kini diyakini tujuan mereka telah bergeser, karena kelompok itu memiliki banyak faksi yang berbeda keinginan. Kelompok ini menyerang gereja, masjid, sekolah-sekolah, kantor surat kabar, pasukan keamanan, politisi, dan gedung PBB.

Konflik antara Pemerintah Nigeria dan Boko Haram diperkirakan telah menelan lebih dari 3.600 jiwa sejak tahun 2009. (MSR/ANT)