Kesempurnaan Evan Dimas Cs Diuji Laos

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie berharap spirit bertanding anak asuhnya yang tinggi di Piala AFF 2013 tetap menyala saat Tim Garuda Muda itu menjalani pertandingan kualifikasi Piala AFC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 8-12 Oktober.

Evan Dimas dan kawan-kawan pada pertandingan perdana Grup G, Selasa (8/10), berhadapan dengan Laos di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Meski sama-sama dari Asia Tenggara, Tim Garuda Muda ini belum pernah bertemu, termasuk pada Piala AFF 2013 yang juga digelar di Indonesia.

“Hasil AFF merupakan modal awal bagi Timnas Indonesia. Momentun juara Piala AFF serta persiapan yang cukup panjang diharapkan mampu memberikan kebahagiaan bagi bangsa ini,” kata pelatih timnas Indra Sjafrie di Jakarta, Senin.

Dia berharap spirit juara Piala AFF 2013 serta latihan yang cukup maksimal menjadi modal Tim Garuda Muda. Apalagi, level pertandingan yang akan dijalani lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Selama turun di Piala AFF, Ilham Udin Armayin dan kawan-kawan mampu bermain dengan maksimal sebanyak tujuh pertandingan. Satu-satunya kekalahan anak asuh Indra Safrie ini didapat dari Vietnam. Namun, kekalahan ini langsung dibalas di partai final.

“Bertanding dengan banyak penonton (Sidoarjo) telah menguji mental pemain, jadi tidak masalah. Makanya mereka akan bermain 100 persen di GBK nanti,” ujarnya.

Guna menghadapi Loas, pelatih Indra Sjafrie mengaku telah menyiapkan tim dengan baik. Tim ini didapat setelah melakukan latihan keras meski kerangka utama tim sudah terbentuk saat turun di Piala AFF beberapa waktu lalu.

Nama Evan Dimas, Dio Permana, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Muhammad Dimnas Drajad, Angga Febriyanyo Putra, Putu Gede Juni Antara, Muhammad Sahrul Kurniawan dan Ravi Murdianto kemungkinan besar akan menjadi andalan untuk menggempur Laos.

“Kita harus bisa memaksimalkan pertandingan besok. Kita tidak boleh terlena. Semuanya butuh kerja keras,” kata mantan pelatih PSP Padang, Sumatra Barat itu.

Peluang untuk meraih poin maksimal bagi Tim Garuda Muda memang cukup terbuka. Apalagi lawan (Laos) dipastikan tidak turun dengan kekuatan penuh karena ada tiga pemain pilar yang sebelumnya turun di Piala AFF mengalami cedera.

Tiga pemain yang absen saat menghadapi tuan rumah Indonesia adalah kapten tim Lembo Saysana, gelandang Phoutthasay Khochlern dan penjaga gawang utama, Soukthavy Soundala.

“Memang ada beberapa pemain yang cedera. Tapi kami akan memaksimalkan pemain yang ada. Turun di Piala AFF dan latihan yang cukup bagus membuat kami optimis mampu memberikan yang terbaik,” kata asisisten pelatih Laos, Phoutpasong Sengdalavong.

Phoutpasong Sengdalavong mengakui jika persiapan di Grup G sangat ketat. Selain berhadapan dengan tuan rumah Indonesia, anak asuhnya juga akan berhadapan dengan Filipina dan juata bertahan Piala AFC U-19, Korea Selatan.