Uncu Natsir: KPK Jangan Terlalu Lama ‘Menggoreng’ Kasus Akil

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Anggota DPR M. Uncu Natsir meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak “menggoreng” kasus Akil Mochtar terlalu lama, agar tidak menimbulkan berbagai spekulasi di masyarakat.

“KPK harus sesegera mungkin mengajukan perkara ini ke Pengadilan Tipikor, selambat-lambatnya sudah bisa disidangkan pada akhir bulan Oktober ini,” ujarnya kepada Sayangi.com, Senin (7/10) sore.

Pengamat Politik yang juga Ketua Grup Diskusi Nasional Kosgoro ini mengemukakan, kasus Akil ini merupakan operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Mestinya, KPK punya bukti kuat sebelum menangkap mantan Ketua MK.

Ia mengemukakan, saat ini beredar surat yg diduga tulisan tangan Akil Mochtar yang mengesankan bahwa dia dijebak dalam penangkapan di rumah kediamannya beberapa hari yang lalu. Surat itu kata dia, bisa jadi masuk akal di mata publik, karena sampai saat ini banyak kasus-kasus yang ditangani KPK terbengkalai, seperti kasus Century, Hambalang, dan Korupsi Migas.

Uncu Natsir khawatir banyak kepentingan dan unsur politik akan menunggangi kasus Akil Mochtar ini, sehingga menyebabkan suhu politik yang sudah memanas menjadi semakin panas dan tidak kondusif. Terutama setelah Presiden SBY mengundang pimpinan lembaga tinggi negara yang “memvonis” Mahkamah Konstitusi dengan akan mengeluarkan Perpu Penyelamatan MK.

Oleh karena itu, ia berharap kasus ini segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

“Biarlah Majelis Hakim yang menilai kebenaran kasus ini beserta seluruh masyarakat yang menyaksikan persidangan terbuka,” ujarnya.

Apabila tidak segera dilakukan KPK, maka kecurigaan masyarakat terhadap KPK yang mencari “panggung” dari kasus ini untuk menutupi ketidak berdayaan mentuntaskan kasus-kasus lain akan semakin kuat.