Sekjen MK Pastikan Surat Akil Mochtar dari Penjara, Asli

Foto: mahkamahkonstitusi.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi (MK) Janedjri M. Gaffar memastikan keaslian surat Ketua MK Akil Mochtar. Janedri mengaku tulisan tangan dalam surat yang dikirim dari Rumah Tahanan KPK tersebut memang merupakan tulisan tangan Akil.

“Ya itu benar dari beliau (Akil, red). Beliau langsung yang menulis surat. Itu otentik tulisan tangan beliau,” kata Jenedri, Senin (7/10/2013).

Menurut Jenedjri, MK menerima surat dari Akil tersebut pada Minggu (6/10/2013) dini hari sekitar pukul 00.15 WIB. Ia juga menegaskan bahwa surat tersebut ditulis atas inisiatif Akil sendiri, tidak ada intervensi dari siapapun.

“Tulisan ini atas kesadaran beliau sendiri, atas inisiatif sendiri,” jelasnya.

Tulisan ini sekaligus membantah keraguan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto yang meragukan surat tersebut. Menurut Bambang, ketatnya penjagaan di Rutan KPK tidak memungkinkan Akil untuk mengirim surat ke luar Rutan.

“Saya menduga akan sulit sekali surat keluar dari Rutan KPK,” kata Bambang.

Surat tertanggal 3 September itu berisi beberapa pengakuan Akil. Di antaranya pernyataan mundur Akil sebagai Hakim MK. Selain itu, Akil juga mengungkapkan keheranan dirinya sehingga bisa disebut terlibat suap melalui operasi tangkap tangan (OTT), padahal ia tidak pernah merasa menerima suap tersebut.