Snowden Terima Penghargaan Wistleblowing di Moskow

Foto: The Telegraph

Moskow, Sayangi.com – Edward Snowden, mantan anggota National Security Agency (NSA) yang telah membocorkan rahasia penting Amerika Serikat yang memata-matai seluruh negara di belahan dunia mendapat penghargaan Wistleblowing oleh Sam Adams, Asosiasi Integritas dalam Intelijen.

Asosiasi tersebut adalah sebuah kelompok transparansi yang dinamai seorang analisi CIA yang menantang rekening resmi AS tentang perang Vietnam. Selain Sam Adams, penghargaan itu juga diberikan 4 pejabat AS yang juga menentang pemerintahan mereka.

Di antara mereka adalah Thomas Drake , seorang mantan analis di National Security Agency (NSA), yang mengalami dakwaan yang sama seperti Edward Snowden, dimana mereka didakwa karena tuduhan melakukan spionase dan mengungkapkan rahasia lembaga. Ia pun telah menjadi buronan Amerika Serikat namun, tak menunjukkan penyesalannya karena merasa benar. Ia hidup senormal mungkin dan membuat situasinya menjadi lebih baik.

Drake bergabung dengan Coleen Rowley, mantan agen FBI yang mengungkapkan rahasia tentang biro penanganan informasi sebelum serangan 11 September dan Jesselin Radack, seorang pejabat departemen kehakiman yang menantang interogasi AS dari seorang warga Amerika yang berjuang untuk Taliban. Sementara itu, Ray McGovern, seorang perwira CIA pensiunan yang telah menjadi kritikus yang tajam dari US, juga hadir memberikan penghargaan itu.

Pertemuan rahasia itu berlangsung Rabu (9/10). Namun diperkirakan mereka terlebih dahulu bertemu dan melakukan tatap muka sejak ia diberikan suaka di Rusia Agustus lalu.

Seperti diketahui, Snowden mendapatkan suaka dari Rusia setelah dia sempat terdampar di Bandara Sheremetyevo. Snowden sempat mengalami tarik ulur dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin akan kesepakatan mereka agar Snowden mendapatkan suaka. Vladimir Putin meminta Snowden untuk tidak lagi membocorkan rahasia Amerika sebagai timbal balik dia memberikan suaka untuk pemuda itu, dan Snwoden menyetujuinya.

Foto itu menjadi konsumsi publik karena Lon Snowden , ayah Edward Snowden yang tiba di Moskow Rabu (9/10) untuk melihat kondisi kesehatan putranya serta kemungkinan pilihan hukum yang akan dihadapi putranya.

Dia bersikeras bahwa anaknya tidak terus membocorkan informasi dari Moskow dan mengatakan kepada Snowden agar tetap sehat dan aman. Di sendiri tak tahu apa niat Snowden melakukan itu. “Saya tidak yakin bahwa anak saya akan kembali ke AS, dimana ia menghadapi dua tuduhan melanggar Undang-Undang Spionase dan satu tuduhan pencurian milik pemerintah. Tapi saya sangat bersyukur dan berterima kasih pada Vladimir Putin dan rakyat Rusia. Saya lega bahwa anak saya aman dan dia bebas,” pungkasnya. (FIT/the telegraph)