Meski Caleg, Eddy Yusuf Tak Mau Undur Diri dari Wagub Sumsel

Foto: Sayangi.com/Ardhy

Palembang, Sayangi.com – Terkait belum adanya surat pengunduran dirinya sebagai Wagub Sumsel karena telah terdaptar dalam DCT Pileg DPR RI dari Partai Hanura Eddy Yusuf menanggapinya biasa saja. ”Nantikan akan tidak menjabat lagi dengan sendirinya saat masa jabatan saya selesai dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, kenapa harus mengirim surat segala waktu masa jabatan saya juga tinggal hitungan hari saja,” katanya saat dibincangi usai menghadiri acara Dies natalis fakultas pertanian Unsri di halaman gedung DPRD Sumsel.(17/10).

Dikatakan oleh mantan Bupati OKU ini tidak membuat surat pengunduran dirinya dari jabatan Wakil Gubernur Sumsel saat ini meski dirinya telah mengetahui aturan yang ada.

Menurut instruksi Mendagri, jika pejabat seperti gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati dan walikota dan wakil walikota yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif harus mengundurkan diri dari jabatannya, namun Edi Yusuf tetap bertahan hingga masa jabatan dirinya habis dengan sendirinya.

Sementara itu ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo kembali menegaskan bahwa pihaknya telah menyurati Wagub Sumsel Eddy Yusuf tersebut agar segera memberikan surat pengunduran diri. ”Sampai sekarang juga belum ada jawaban dari Pak Eddy Yusufnya, surat juga ditembuskan ke Gubernur KPU pusat dan Depdagri,” ujarnya.

Menurut Wasista, pihak Depdagri sendiri mengatakan, bahwa ini bukan merupakan domain mereka, seharusnya ini tergantung dari Partai yang mengusungnya tersebut Hanura, harus mengambil sikap,” tandas Wasista.

Begitu juga dengan Komisioner KPU Sumsel. Menurut Divisi Bidang Teknis, Herlambang, proses DCT DPR RI bukanlah kewenangan KPU Sumsel, sebab berkas pencalonan diri menjadi anggota DPR RI langsung ke KPU pusat.” Pak Wagub Sumsel, setahu saya mencalonkan diri di DPR RI, dan mekanismenya dilakukan langsung oleh pihak KPU pusat, bukan di KPU Sumsel, ” kata Herlambang
singkat. (VAL)