Salah Satu Pelaku Penyerangan Mal Nairobi, Orang Norwegia

Foto: abc.net.au

Nairobi, Sayangi.com – Salah satu dari 4 orang bersenjata yang diduga melakukan serangan pusat perbelanjaan bulan lalu di Kenya telah diidentifikasi sebagai Hussan Abdi Dhuhulow, warga Norwegia (23). Hal tersebut dipastikan melalui pemeriksaan rekaman CCTV dari dalam mal.

Rekaman tersebut mulai diteliti awal bulan ini. Dan setelah ditelisik, rekaman itu menunjukkan pria bersenjata dalam serangan terhadap pusat perbelanjaan Westgate di ibukota Kenya, Nairobi.

Penyidik telah mengacu pada laki-laki dalam CCTV dengan warna pakaian mereka. Mereka beberapa diantaranya mengenakan kemeja hitam, kemeja putih, kemeja biru dan kemeja merah muda.

Sumber yang dekat dengan penyelidikan di Kenya dan Norwegia mengatakan, mereka sekarang percaya pria yang diidentifikasi sebagai pria berbaju hitam itu adalah Dhuhulow. Dhuhulow melarikan diri Somalia dengan keluarganya pada tahun 1999 .

Dia kembali ke Mogadishu 10 tahun kemudian dan sejak itu anggota keluarga mengatakan bahwa ia telah melakukan kontak sporadis. 

Empat hari pengepungan, yang dilakukan oleh anggota Al Shabaab, menyebabkan 67 orang tewas. Kelompok Islam mengatakan, penyerangan yang mereka lakukan di mal Nairobi adalah tindakan balas dendam atas operasi militer Kenya di Somalia. (FIT/ABC)