Indahnya Melahirkan Normal dengan Hypnobirthing

Foto: edusavvyparents.com

Jakarta, Sayangi.com – Bagi seorang wanita, kebahagiaan sejatinya dapat dirasakan utuh ketika sudah dapat memberikan buah hati yang dapat melengkapi kebahagiaan keluarga. Ketika seorang wanita mengandung dan melahirkan secara normal, itulah yang dinamakan wanita tersebut sudah menjalani kodratnya sebagai seorang perempuan. Namun banyak wanita yang enggan melahirkan secara normal karena khawatir akan rasa sakitnya yang luar biasa ataupun juga takut ketika melihat darah.

Untuk para ibu yang khawatir akan rasa sakit ketika melahirkan secara normal namun tetap ingin melahirkan secara normal, sekarang ini banyak metode yang digunakan, salah satunya adalah menggunakan metode Hypno Birthing.

Hypno Birthing sendiri berasal dari kata hypno yang berarti hipnosis dan birthing yang berarti melahirkan. Jadi hypno birthing adalah penggunaan hypnosis untuk proses persalinan alami. Dimana ibu hamil masuk dalam relaksasi yang dalam dan dilakukan dalam keadaan sadar. Teknik relaksasi semacam ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga tekanan emosi selama berlangsungnya proses kelahiran tanpa harus menggunakan obat bius.

Metode relaksasi tidak hanya berguna ketika akan melahirkan saja, namun juga berguna selama masa kehamilan. Hal tersebut dapat mencegah gangguan emosional baik saat sebelum persalinan maupun sesudah persalinan. Metode yang dipakai dalam hypno birthing adalah metode penanaman sugesti saat otak telah berada dalam kondisi rileks.

Dengan metode hipnotis atau hipnoterapi ini, ibu akan memberikan tata cara untuk menahan rasa sakit dengan cara mencapai kondisi relaksasi yang dalam. Selain itu anda juga diajarkan cara bagaimana membuat bagian tubuh anda mati rasa mulai dari dada hingga lutut. Namun jangan khawatir, sekalipun anda mati rasa, anda tetap akan sadar sepenuhnya dan dapat melihat kehadiran buah hati anda dengan rileks dan nyaman.

Melahirkan menggunakan hypno birthing juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:

• Untuk ibu, ibu dapat mengatur dan mengurangi kadar rasa sakit ketika melahirkan dan meminimalisir rasa stress serta depresi. Selain itu, ibu juga dapat mengontrol emosi yang isa saja meledak-ledak saat mengalami proses persalinan. Dengan rasa tenang yang dimiliki sang ibu ketika hendak melakukan persalinan, maka secara otomatis akan menekan tingkat kelelahan yang berlebihan ketika proses persalinan serta mengurangi komplikasi medis dalam melahirkan.

• Untuk Janin, janin akan merasakan adanya kedekatan emosional yang sangat kuat dengan sang ibu. Sebab, saat melakukan hypno birthing ibu dan janin telah melakukan komunikasi di alam bawah sadar mereka. Ketika ibu tenang, maka janin akan mendapatkan getaran tenang serta pertumbuhan hormon melalui plasenta lebih seimbang.

• Untuk suami, pastinya suami atau calon ayah ini juga akan merasa lebih tenang ketika mendampingi proses kelahiran istrinya. Karena sebelum menjalankan proses Hypnobirthing suami juga terlibat, maka sisi emosional suami dan istri lebih terjaga dan siap menyambut sang buah hati ke dunia.

Jadi moms, jangan takut untuk melahirkan secara normal ya, sekarang ini sudah begitu banyak metode untuk mempermudah dan menghilangkan rasa sakit ketika proses melahirkan terjadi, salah satunya dengan metode Hypnobirthing ini. Semoga bermanfaat moms. (FIT)