Polda Jabar Gulung Curanmor Spesialis Pick Up

Foto : fokusjabar.com

Bandung, Sayangi.com – Kepolisian Daerah Jawa Barat meringkus jaringan pencurian kendaraan bermotor spesialis roda empat jenis “pick up” yang biasa beroperasi di wilayahnya.

“Tim Direktorat Reskrim Polda Jabar menangkap tersangka pelaku pencurian kendaraan bermotor DN, kemudian dari hasil pengembangan berhasil meringkus jaringan penadahnya di Tasikmalaya,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Sabtu (19/10).

Tersangka DN telah diintai oleh Reskrim Polda Jabat karena terkait kasus pencurian kendaraan roda empat di wilayah Rancasari Kota Bandung, Padalarang dan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

“TKP lain masih dalam pengembangan, menurut pengakuan tersangka ada 14 TKP yang tersebar di wilayah Jabar dan dilakukan bersama jaringannya,” katanya.

Modus operasi yang digunakan oleh DN adalah menggunakan kunci palsu atau letter T yang kemudian kendaraan hasil kejahatannya dijual kepada tersangka RU yang berdomisili di Kabupaten Tasukmalaya.

Dari tangan tersangka DN dan RU, Reskrim Polda Jabar mengalamkan satu unit Suzuki Carry Pick up D-8304-XP, Mistsubisni Pick Up Z-8242-DG, Mitsubisi Pick Up Nopol B-9757-NAF dan Mitsubishi Z-8292-NE. Selain itu petugas juga mengamankan barang bukti sebuah kunci astag yang biasa digunakan oleh pelaku untuk melakukan aksinya.

Tersangka telah melanggar Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 (lima) tahun penjara,” kata Kabid Humas Polda Jabar.

Saat ini tersangka dilimpahkan ke LP Kebonwaru pada tanggal 17 Oktober 2013, sedangkan penyidikan jaringannya masih terus dilakukan jajaran Polda Jabar. (MD/Ant)