Terlalu Banyak Duduk Bisa Picu Serangan Jantung

Foto: istimewa

Sayangi.com – Nampaknya, bagi anda para pekerja kantor yang terbiasa beraktivitas dan menghabiskan waktu seharian duduk saat bekerja harus mulai waspasa terhadap indikasi serangan jantung. Pasalnya, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu lama duduk dapat mengakibatkan pembekuan darah yang berujung pada serangan jantung.

Kaki merupakan bagian tubuh yang sangat rentan mengalami pembekuan darah yang diakibatkan posisi terlalu lama duduk. Pembekuan darah pada kaki atau deep vein thrombosis (DVT) adalah munculnya bekuan darah di pembuluh darah bagian dalam kaki atau panggul.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Dr Anil Bansal, Kardiolog Interventional di Rumah Sakit Columbia Asia mengatakan bahwa duduk dalam posisi yang sama berjam-jam lamanya dapat memicu pembekuan darah di kaki yang bisa berakibat buruk bagi penderitanya.

“Duduk di posisi yang sama selama berjam-jam dapat menyebabkan pembekuan darah di kaki yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati pada waktunya,” kata Dr Anil Bansal, Kardiolog Interventional, dari Columbia Hospital Asia.

Ia pun menjelaskan bahwa kondisi tersebut dapat menimbulkan komplikasi lain seperti minimnya asupan oksigen dalam pembuluh darah yang menuju jantung, sehingga pada kasus tertentu dapat memicu serangan jantung.

“Saat pembekuan darah terjadi, ia akan mencari jalan untuk membebaskan diri. Perjalanan membebaskan diri tersebut akan melewati pembuluh darah yang mengarah ke paru-paru sebelah kanan dan berpotensi menimbulkan sumbatan arteri pada paru atau yang biasa disebut emboli paru” Imbuh Dr. Anil.

Itu sebabnya kemudian para ahli sangat menyarankan agar Anda memberi tubuh waktu untuk berdiri dan bergerak setiap 15-20 menit dari posisi duduk. Nah, untuk menjaga indikasi serangan jantung tersebut, maka ada baiknya anda mulai rajin meluangkan waktu untuk melakukan peregangan ringan di beberap bagian tubuh. Peregangan tersebut bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah anda kembali setelah sekian lamanya duduk. (sls)