3 Juta Buruh Ancam Mogok Nasional

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta,Sayangi.com – Anggota Komite Nasional Gerakan Buruh (KNGB) Said Iqbal memastikan aksi mogok nasional akan dilakukan akhir Oktober mendatang yang akan diikuti jutaan buruh yang antara lain mencakup tuntutan penghapusan sistem outsourcing “Tiga juta buruh akan mengikuti mogok nasional. Aksi ini sebagai bukti buruh tidak main-main dalam memperjuangkan tiga tuntutannya,” ujar Said Iqbal di Jakarta, Rabu.

Iqbal menambahkan tiga tuntutan tersebut yakni upah layak, jaminan sosial, dan dihapuskannya sistem alih daya atau outsourcing.

“Pemerintah tidak merespon dialog maupun aksi yang dilakukan buruh,” kata dia.

Bahkan pemerintah bersikeras membatasi kenaikan upah minimum tidak lebih dari 20 persen. Ditambah lagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Inpres 9/2013 mengenai upah minimum.

“Tiga juta buruh akan melumpuhkan perekonomian Indonesia dengan menghentikan produksi, melumpuhkan pelabuhan dan bandara, serta pusat-pusat bisnis dan perdagangan baik di Jakarta dan daerah,” jelas dia.

Mogok nasional itu dilakukan selama lima hari berturut-turut dan dilakukan serentak di 20 provinsi dan 200 kabupaten-kota.

Aksi mogok nasional itu akan diikuti berbagai elemen buruh seperti KSPI, Sekber, KSN, GSBI, SPSI LEM, SPSI 92, Bapor SPSI, FSPMI, dan lainnya. (sls/ant)

Berita Terkait

BAGIKAN