Rio Haryanto Jalani Tes di Racing dan Caterham

Foto: Antara

Semarang, Sayangi.com – Pebalap nasional Rio Haryanto akan menjalani tes di dua klub yaitu Racing Engineering dan Caterham Racing untuk menentukan tim yang akan ditempati pada lomba balap mobil GP2 Series 2014, menyusul akan berakhirnya musim balap 2013.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, mengatakan, tes untuk kedua tim ini dilakukan dua tahap, yaitu tahap pertama pada 5–7 November 2013 kemudian tes kedua dilaksanakan pada Januari 2014.

“Kita belum tahu pada musim balap 2014 nanti, Rio Haryanto bergabung dengan tim mana karena semua bergantung kepada hasil tesnya,” katanya menegaskan.

Pada musim balap 2012, pebalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, tersebut bergabung dengan tim Carlin dari Inggris bersama pebalap setempat Max Chilton. Pada musim tersebut, Rio Haryanto menempati peringkat ke-14 (dari 35 peserta) dengan total nilai 38 dari 12 seri yang digelar mulai Maret hingga November 2012.

Sementara itu rekannya Max Chilton menempati peringkat keempat dengan total nilai 169 dan pada musim balap 2013 ini yang bersangkutan naik peringkat dan berlaga pada Formula One (F1).

Kemudian pada musim balap 2013, pebalap yang berusia 20 tahun ini bergabung dengan tim Addax Barwa yang bermarkas di Valencia, Spanyol. Saat ini Rio bergabung dengan pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig.

Sampai dengan seri ke-10 dari 11 seri yang direncanakan ini Rio Haryanto masih terpaku pada peringkat ke-18 dengan total nilai 22, sedangkan rekannya Jake sampai kini belum mendapatkan nilai sama sekali.

Lomba balap mobil GP2 Series 2013 ini masih menyisakan satu seri yaitu ke-11 atau terakhir di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, yang berlangsung pada 1–3 November mendatang.

Indah Pennywati mengatakan, Rio Haryanto tetap melakukan persiapan di sela-sela kesibukannya menyelesaikan skripsi di sekolahnya. “Setiap hari Rio Haryanto menjalani latihan fisik selama tiga jam,” katanya.

Menurut dia, latihan fisik yang dijalani Rio adalah fitnes, renang, lari, dan bersepeda. “Memang habis latihan fisik Rio kecapaian tetapi karena anaknya memang senang berolahraga maka rasa itu tidak dirasakan lagi,” katanya.

Ia mengatakan, sekarang ini Rio menjalani latihan fisik di Singapura sekalian menyelesaikan skripsi di sekolahnya dan rencananya berangkat ke Abu Dhabi sekitar 28 Oktober mendatang mengingat seri ke-11 atau terakhir dimainkan pada 1–3 November 2013. (ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN