Fadli Zon Soroti Buruknya Manajemen Data KPU

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, bersuara keras terhadap penundaan penetapan DPT oleh Komisi Pemilihan Umum. Kawan dekat Prabowo Subianto tersebut menyebut penundaan itu sebagai bukti buruknya manajemen data KPU.

Seperti diberitakan, karena Masih Banyak Pemilih Fiktif, KPU Menunda Penetapan DPT dalam rapat pleno terbuka pada Rabu, (23/10) . Penundaan itu diambil atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu beralasan pada penyisiran DPT yang akan ditetapkan KPU, masih ditemukan data ganda yang sangat berbahaya. Setidaknya, ada 7,7 juta data pemilih yang bermasalah.

“Penundaan penetapan DPT membuka peluang akurasi sekaligus peningkatan kualitas data pemilih Pemilu 2014. Namun disisi lain, penundaan ini juga menjadi bukti nyata¬† buruknya manajemen data KPU. Kinerja KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih tak memuaskan dan cenderung lamban,” kata Fadli Zon dalam rilis yang diterima sayangi.com, Kamis (24/10)

Fadli juga menyebut KPU belum memaksimalkan peran masyarakat melalui pantarlih dan perangkat penyelenggara pemilu lainnya, seperti PPS dan PPK. Menurutnya, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 34 ayat 3 UU No. 8 Tahun 2012 bahwa dalam hal melaksanakan pemutakhiran data pemilih, KPU Kab/Kota dibantu Pantarlih, PPS dan PPK. Sedangkan dalam pasal 35 ayat 1 UU No. 8 Tahun 2012 disebutkan bahwa pantarlih terdiri atas perangkat desa/kelurahan, rukun warga, rukun tetangga atau nama lain, dan/atau warga masyarakat.

“Partai Gerindra mendesak KPU agar cermat dalam menyusun DPT. Kami tak ingin ada kecurangan masif dan sistematis dalam pelaksanaan Pemilu 2014,” Katanya.

Fadli menilai bahwa buruknya kualitas DPT membuat warga bisa kehilangan hak pilih, meningkatkan potensi kecurangan pemilu, dan membuka peluang bagi pihak tertentu meraup suara dengan cara kotor. Sehingga mempengaruhi kualitas pelaksanaan pemilu, kualitas legitimasi hasil pemilu, dan kualitas demokrasi.

“Hal ini akan menjadi catatan gelap pelaksanaan pemilu. Kejadian kekacauan DPT Pemilu 2009 jangan terulang lagi,” kata Fadli. (S2)