Vettel Tercepat Dalam Sesi Latihan Bebas di GP India

Foto: BBC

Greater Noida, India, Sayangi.com – Sebastian Vettel menunjukkan kepiawaiannya untuk meraih gelar dunia keempat dalam perlombaan Formula Satu (F1), ketika dalam latihan bebas pertama Jumat tampil tercepat pada Indian Grand Prix.

Pebalap berusia 26 tahun itu, menikmati celah angkanya 90 poin dengan pesaing terdekatnya, Fernando Alonso, hanya membutuhkan finis dalam urutan lima besar bersama tim Red Bull, untuk meraih gelar juara usai lomba Minggu.

Vettel melejit tercepat dengan waktu satu menit 26,68 detik, melewati rekornya sendiri 1:27.24 ketika membuat catatan tercepat di Sirkuit Tenternasional Buddh itu pada 2011.

Rekan setim Vettel dari Tim Red Bull, Mark Webber, yang akan meninggalkan kancah lomba F1 pada akhir musim ini, berada di urutan kedua dengan waktu 1:26.87.

Nico Rosberg di atas Mercedes berada di tangga ketiga dengan waktu 1:26.89, disusul pebalap dari Roma Grosjean dan Lewis Hamilton — semua di bawah rekor sebelumnya.

Vettel, yang memenangi semua lima lomba terakhir musim ini, menang mudah di India pada 2011 dan 2012 dan sekarang difavoritkan lagi tampil sebagai juara, Minggu.

Namun bila ia berada di urutan keenam, maka Vettel agan bergabung dengan rekan senegaranya Michael Schumacher dan Juan Manuel Fangio dari Argentina, sebagai pebalap yang memenangi empat kejuaraan F1 secara berurutan.

Hal lain yang akan menghalangi Vettel meraih gelar dunia, bila ia tidak berhasil mendapatkan poin dalam sisa empat perlombaan lagi, sementara pebalap Ferrari, Alonso, memenangi sedikitnya tiga dari lomba itu dan berada di urutan kedua pada lomba lainnya.

Kemenangan pada empat laga lainnya di India, Abu Dhabi, Amerika dan Brazil, juga akan membuat Vettel selevel dengan rekor Schumacher pada 2004, ketika ia memenangi 13 lomba dalam satu musim. (AFP)