Meski Dikecam, Pernyataan Mendagri Soal FPI Didukung Ahok

Foto : Sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Dinilai terlalu membela Front Pembela Islam (FPI), Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menuai kritikan dari sejumlah tokoh. Anehnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok justru mendukung pernyataan Gamawan.

Pembelaan itu diungkapkan Gamawan Fauzi kepada wartawan di kantor Wakil Presiden, Kamis (24/10) malam. “Ya, karena selama ini kita posisikan seperti itu. Kalau kita rangkul, kita ajak kerja sama, dia (FPI) kan aset bangsa juga. Kalau kesalahan ya salah. Tapi kan yang baiknya, ada juga. Waktu di Aceh (tsunami) misalnya dia datang membantu,” tandas mantan Gubernur Sumatera Barat itu.

Bukan itu saja, Gamawan Fauzi bahkan menyerukan Pemda-pemda untuk bekerja sama dengan FPI. Terang saja, pernyataan itu memicu kecaman di media sosial. Komentar sejumlah tokoh, seperti tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshor Abdala yang sekarang aktif di Partai Demokrat, Fungsionaris Partai Golkar Priyo Budi Santoso, aktivis 80-an Fadjroel Rachman, dan anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR-RI Eva Kusuma Sundari rame-rame dilink ke twitter.

“Mendagri disorientasi, membahayakan penegakkan hukum di daerah dan pelaksanaan prinsip konstitusionalisme. FPI ormas tidak punya badan hukum, pelanggar hukum, pro kekerasan, tidak patut diberikan disposisi kepada Pemda-pemda,” tegas Eva, Jumat (25/10). Bahkan Eva menandaskan, Kenapa FPI? Sekalian saja kerja sama dengan Geng Motor.

Kritikan yang lebih lunak datang dari Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik Hukum dan Keamanan Priyo Budi Santoso. Menurutnya, himbaun Mendagri itu akan menuai spekulasi dari publik, pasalnya hanya Ormas FPI yang direkomendasikan Mendagri.

“Ini akan menimbulkan pertanyaan kenapa harus memilih FPI tidak ormas yang lain gitu kan. Akan menimbulkan spekulasi-spekulasi yang tidak perlu. Ya FPI salah satu aset bangsa iya. Bahwa dia terlalu diistimewakan Mendagri ya tidak harus seperti itu. Mendagri harus adil,” tanggap Priyo di kantornya, Jumat (25/10).

Selain itu, himbauan Mendagri dianggap Priyo tidak adil. “Ini akan menyulut ormas-ormas lain (bertindak serupa FPI) untuk berbicara lantang, gagah perkasa dan keras yang kemudian minta diperhatikan Mendagri,” imbuh Priyo.

Tapi Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama justru menganggap tak ada yang salah dengan himbauan Mendagri. “Baik-baik saja sama kita. Selama ini kan FPI membantu kita supaya enggak ada lagi PSK, he-he-he..,” ucap Basuki, sekaligus menandaskan apa salahnya untuk bekerja-sama dengan siapa saja, termasuk FPI, asal kerja sama untuk hal-hal yang baik. (MD)