Diduga Korupsi, Mantan Lurah Pulogadung Diperiksa Kejari

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta kembali terungkap. Kali ini, mantan Lurah Pulogadung, TY telah diperiksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur terkait laporan pertanggungjawaban (LPJ) uang keluaran tahun anggaran 2012. Hal ini diketahui setelah pihak Kejari Jakarta Timur menyita dokumen LPJ tahun anggaran 2012 yang berada di Kelurahan Pulogadung.

Lurah Pulogadung, Imbang Santoso menuturkan, penyitaan yang dilakukan pihak Kejari Jakarta Timur dilakukan pada Kamis (24/10) kemarin. “Iya lurah sebelumnya dalam pemeriksaan Kejari Timur untuk kasus anggaran pengadaan barang dan jasa tahun 2012. Kemarin penyitaan dokumen di kelurahan. Kebetulan saya kan tuan rumah, ya saya layani, ” ujar Imbang, Jumat (25/10).

Dikatakan Imbang, sejak pekan lalu, pihak Kejari Jakarta Timur juga telah meminta keterangan terhadap bendahara kelurahan (NS) dan sebagian staf bagian pengadaan barang dan jasa di kel tersebut. Namun, Imbang belum mengetahui jumlah kerugian negara dalam kasus ini. “Indikasi awal itu sepertinya 30 kegiatan. Tapi saya tidak tahu persis karena saya kan baru tiga bulan di sini,” katanya.

TY sendiri diketahui juga sempat mengikuti seleksi dan promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan lurah dan camat, namun tidak lolos. Sehingga sejak 27 Juni, Tema menjabat sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Protokoler Jakarta Timur.

Ditambahkan Imbang, kasus yang menimpa mantan Lurah Pulogadung ini hampir mirip dengan kasus dugaan korupsi yang dilakukan Lurah Ceger, Fadly lubis. Dari hasil audit, sejumlah kegiatan yang dilaporkan dalam laporan pertanggungjawaban ternyata fiktif. Kini, Fadly pun resmi menjadi tahanan Kejari Jaktim dan akan segera menjalani proses persidangan.(BRTJKT)