Takut Rambut Lekas Memutih? Makan Coklat Aja!

Foto/Ilustrasi: Walpaperstock

Jakarta, Sayangi.com – Makin bertambah usia, makin banyak hal-hal yang memperlihatkan penuaan yang akan anda temui. Termasuk perihal rambut yang memutih alias uban. Uban bahkan tak hanya menghampiri orang yang beranjak tua, uban juga bisa timbul di kepala-kepala orang dengan tingkat stres tinggi dan berkepanjangan.

Kabar baiknya adalah, merawat keindahan mahkota kepala anda yang beruban tak hanya melulu harus dengan pergi ke salon hampir tiap bulannya untuk mewarnai rambut. Ada cara lain untuk menangkal tumbuhnya si rambut putih itu. Ricahrdo Vila Nova dari Urban Retreat di Harrods pun mengungkapkan bahwa ada banyak makanan yang bisa membantu untuk memelihara dan mempertahankan kesehatan serta warna rambut.

Dilansir dari laman Daily Mail, adalah coklat yang dipercaya bisa menjadikan warna rambut tetap hitam dan tidak mudah beruban. Tak hanya soal menghangatkan sesi bercinta anda, kandungan yang terdapat di dalam coklat diketahui dapat meningkatkan melanin pada rambut dan kulit kepala. Kadar melanin tinggi pada rambut dan kulit kepala dapat membantu untuk menghitamkan rambut dan menjauhkannya dari uban.

Tak hanya cokelat, zat besi yang terdapat pada daging merah, tahu dan bijian juga dapat membantu masalah rambut rontok. Zat besi yang mengalir keseluruh tubuh terutama kewilayah kepala dan rambut dipercaya akan menguatkan akar rambut serta menjauhkannya dari patah-patah. Mengkonsumsi salmon yang kaya omega-3 dan omega-6 juga dapat membantu menjaga hidrasi dan elastisitas kulit kepala serta melembabkannya.

Menurut Linus Pauling Institute of Oregon State University, kekurangan asam folat dan biotin secara langsung adalah salah satu penyebab timbulnya uban. vitamin B2 dipercaya dapat membantu produksi hormon dan menyeimbangkan sistem tubuh yang mempengaruhi warna rambut. karena Vitamin B6 dan B12 diketahui sebagai zat penting dalam produksi sel darah merah yang berfungsi mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala.

Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan tinggi, seperti vitamin A, C dan E. Buah-buahan yang mengandung vitamin tersebut diketahui dapat melawan radikal bebas yang berkaitan dengan penuaan. (FIT)