Komaruddin Hidayat: Mahasiswa UIN Harus Bergaul Lintas Daerah

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat mengingatkan mahasiswa UIN agar bergaul lintas daerah. Menurut Komaruddin, hal ini perlu, mengingat kampus UIN Syarif Hidayatullah merupakan kampus yang plural.

“UIN Jakarta pluralistik,” kata Komaruddin saat membuka acara Inaugurasi Akbar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bertajuk “Membangun Nilai-nilai Mahasiswa yang Berfikir Kreatif, Bertindak Lugas, dan Berjiwa Optimis”, di Hall Student Center UIN Jakarta, Sabtu (26/10/2013).

Dalam acara yang bekerjasama dengan Sayangi.com ini, Komaruddin menegaskan bahwa dirinya tidak anti-organisasi daerah. Bahkan ia mempersilakan agar mahasiswa tetap mempertahankan organisasi masing-masing daerah.

Hanya saja kata Komaruddin, bila mahasiswa tidak bergaul dengan organisasi antar-daerah, maka mahasiswa tidak akan menjadi putra Indonesia.

“Saya tidak anti organisasi daerah, silakan saja. Tapi kalau kelamaan bergabung dengan anak daerah, Anda tidak akan terlahir sebagai anak Indonesia,” jelasnya.

Pernyataan Komaruddin ini menanggapi penampilan kesenian, berupa Tari Saman yang disajikan panitia pelaksana. Penampilan yang dilakukan mahasiswa-mahasiswa asal Aceh tersebut mampu menyihir ribuan mahasiswa.

Oleh karenanya, Komaruddin kembali menyarankan agar mahasiswa UIN Jakarta bergaul lintas daerah.

“Makanya bergaullah lintas provinsi, lintas kampus,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz hadir memberikan kuliah umum. Selain itu tampak juga Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, dan mantan aktivis mahasiswa yang juga Pimpinan Umum Sayangi.com, Bursah Zarnubi.