Khatibul Umam: DPR Kebut Pembahasan RUU Desa

Foto: khatibul-umamwiranu.com

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Khatibul Umam Wiranu menyampaikan bahwa pihak DPR saat ini sedang berupaya mempercepat penyelesaian pembahasan RUU tentang Pemerintahan Desa.

“Pembahasan RUU Desa ini bulan Desember diupayakan selesai, sehingga tahun 2014 UU Desa sudah bisa diimplementasikan di masyarakat,” Kata Khatibul Umam kepada sayangi.com, Sabtu (26/10).

Menurut Umam, penyelesaian UU Desa itu penting sebab dengan disepakatinya sumber pendanaan pembangunan Desa dari APBN, maka ke depan sudah tidak akan ada lagi desa-desa tertinggal, desa-desa yang infrastrukturnya rusak, sarana prasarana belajar siswa rusak, saluran air bersih terganggu, serta fasilitas umum lainnya, akan dinikmati oleh masyarakat pedesaan.

Pada bagian akhir pembhasan RUU Desa, menurut Umam, pemerintah dan DPR  bersepakat untuk menyediakan APBN untuk pembangunan desa.

“Selama ini pembangunan desa bersumber dari APBD saja. Nah mulai tahun depan pembangunan desa ditambah bersumber dari APBN”, kata Umam yang juga Wakil Ketua Pansus RUU Desa tersebut.

Sebagaimana diketahui, DPR bersama Pemerintah saat ini sedang dalam proses membahas Revisi UU 32/2004 tentang Pemerintah Daerah. UU 32/2004 ini oleh pemerintah dibagi menjadi 3 (tiga) RUU. Yakni RUU tentang Pemerintah Daerah, RUU tentang Desa, dan RUU Tentang Pilkada.