Viva Yoga: KAHMI Berharap Tidak Ada Kongres HMI Tandingan

Foto: Sayangi.com/Hurri

Jakarta, Sayangi.com – Rencana sejumlah kader HMI yang akan menggelar kongres lanjutan rupanya membuat beberapa alumninya gelisah dan tidak bisa tidur nyenyak. Redaksi sayangi.com pada Kamis (31/10) jam 03.05 dini hari menerima rilis dari Presidium Majelis Nasional KAHMI, Viva Yoga Mauladi yang secara khusus menyoroti rencana kongres tandingan tersebut.

Berikut pernyataan utuh dari Viva Yoga dalam kapasitasnya sebagai Presidium Majelis Nasional KAHMI:

Terkait adanya rumor Kongres HMI Tandingan;

  1. Meski ada hubungan historis dan aspiratif antara HMI dan KAHMI (Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam), namun tidak ada hubungan struktural. KAHMI secara institusional tidak akan mencampuri urusan rumah tangga HMI. Jika ada rumor bahwa penyelenggaraan kongres HMI tandingan atas restu Presidium Majelis Nasional KAHMI, itu adalah tidak benar.

  2. Saya selaku anggota Presidium Majelis Nasional KAHMI berharap tidak usah ada Kongres HMI tandingan. Peristiwa kongres lalu yang melelahkan dan terpanjang waktunya sejak kongres HMI digelar menjadi catatan sejarah bagi HMI untuk melakukan refleksi, evaluasi, dan menyusun kembali masa depannya agar HMI terus eksis dan bertambah kuat.

  3. Pengurus dan kader HMI harus solid, bersatupadu dalam menghadapi perubahan sejarah bangsa. Jangan sampai terpecah dari dalam karena alasan tertentu. HMI harus membangun paradigma baru sebagai organisasi kemahasiswaan, keislaman, perkaderan, pergerakan, dan keintelektualan dalam pusaran dan dinamika perubahan bangsa. Masa depan HMI itu tergantung kepada kader HMI sendiri.

  4. Saya percaya kader HMI memiliki tingkat kecerdasan, kecintaan,  dan tanggung jawab yang tinggi terhadap masa depan organisasinya sendiri. Kader HMI yang ideologis pasti tidak akan merusak rumahnya sendiri. Untuk itu sebaiknya PB HMI melakukan pendekatan persuasif kepada kader lainnya agar tercipta kesadaran bersama untuk menyusun masa depan HMI.

Viva Yoga Mauladi
Presidium Majelis Nasional KAHMI

Sebelumnya, Mantan Ketua Umum Korp Alumni HMI (KAHMI), Fuad Bawazier juga menyampaikan kekecewaannya atas rencana Kongres HMI tandingan. Menurutnya, rencana tersebut hanya akan merusak pengkaderan di HMI. Fuad meminta kader HMI yang kalah dalam Kongres beberapa waktu lalu agar bersabar menunggu kongres berikutnya.

“Jangan berpetualang dengan merusak HMI. Tidak akan ada senior maupun cabang HMI yang mendukung gagasan yang merusak dan tidak bertanggung jawab ini,” kata mantan Menteri Keuangan tersebut kepada sayangi.com, Rabu (30/10).