AS Tuntut Perusahaan Yang Bawa Snowden ke Gedung Putih

Foto: AP

Washington, Sayangi.com – Kesal lantaran tak berhasil menangkap Edward Snowden yang minta suaka ke Rusia, Pemerintah AS berencana menjerat perusahaan swasta yang membawa Snowden ke Gedung Putih.

Departemen Kehakiman Amerika Serikat akan menuntut perusahaan yang menangani pemeriksaan latar belakang Edward Snowden – pembocor program rahasia Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA). Depkeh menuduh perusahaan swasta itu, United States Investigations Services (USIS) gagal mengontrol kualitas kajian dan penyelidikan terhadap latar belakang orang yang akan ditempatkan di posisi-posisi penting maupun di Gedung Putih.

USIS selama ini menguasai industri pemeriksaan latar belakang para calon karyawan untuk posisi-posisi penting, dengan bayaran sebesar 195 juta dolar dari pemerintah tahun lalu. Perusahaan itu juga yang memeriksa latar belakang Aaron Alexis – kontraktor teknologi yang membunuh 12 orang di Washington Navy Yard bulan lalu.

Departemen Kehakiman menuduh, sejak tahun 2008 USIS menggunakan piranti lunak yang secara otomatis memunculkan penyelidikan yang belum selesai, hanya untuk memenuhi target pendapatan.

Juru bicara USIS sendiri mengatakan, perusahaan itu telah bekerjasama dengan biro penyelidik pemerintah, mengganti pemimpinnya, serta memperbaiki pengawasan sejak pertama kali mendapat gugatan sejenis pada tahun lalu. Toh Asisten Jaksa Agung Stuart Delery menandaskan, “Kami tidak mentolerir jalan pintas yang dilakukan perusahaan-perusahaan yang telah dipercaya untuk memeriksa seseorang, supaya bisa mengakses informasi Amerika yang sensitif dan rahasia.” (MSR/VOA)