Gatal di Perut Saat Hamil? Stop Menggaruknya!

Foto: hellomagazine.com

Jakarta, Sayangi.com – Saat hamil di trimester akhir, ibu seringkali mengalami stretch mark atau peregangan kulit. Saat stretch mark terjadi, maka tak jarang Ibu merasakan gatal bahkan kesemutan pada bagian perut. Akhirnya, Ibu refleks menggaruk bagian yang gatal dengan ekstra. Akibatnya, timbul garis-garis berwarna merah kecoklatan yang membekas di perut. Sama sekali tak indah di pandang mata. Lantas bagaimana mengatasinya?

Berikut tips yang berhasil diramu Sayangi.com untuk Ibu hamil yang selalu merasakan hal gatal-gatal di perut saat menginjak trimester akhir kehamilan:

1. Pilihlah pakaian yang longgar untuk Ibu kenakan dalam menjalankan aktivitas harian. Pakaian berbahan katun juga dapat menjadi pilihan yang tepat terutama jika digunakan pada cuaca yang panas.

2. Kompres perut Ibu dengan kain yang lembap dan dingin. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa gatal pada perut Ibu.

3. Olesi perut dengan lidah buaya. Lidah buaya dapat mencegah rasa gatal saat hamil dan juga dipercaya dapat menghilangkan stretch mark. Selain itu, lidah buaya memberikan efek dingin pada kulit sehingga kulit yang meradang akan segera terasa lebih nyaman.

4. Oleskan perut dengan olive oil. Kandungan yang terdapat pada olive oil dipercaya dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Ibu cukup mengolesi sedikit olive oil ke bagian perut secara merata setiap sehabis mandi.

3. Hindari berpanas-panasan di udara yang terik. Jika perlu gunakan pelindung kepala dan pakaian yang serap keringat untuk menghindarinya gatal pasca terkena paparan sinar matahari.

4. Pakailah sisir untuk menggaruk bagian yang gatal pada perut. Namun, ibu harus memilih sisir yang tumpul untuk dapat digesekkan perlahan di perut. Lebih baik pula jika menggaruk perut dengan sisir dilakukan dengan memakai baju atau kain untuk menghindari luka pada kulit perut.

5. Jangan gunakan sabun mandi dengan aroma yang menyengat karena aroma tertentu bisa menyebabkan iritasi pada kulit Ibu. Jangan pernah teledor meninggalkan sisa sabun pada tubuh Ibu untuk menghindari kemungkinan terjadinya gatal.

6. Hindari mandi dengan air hangat karena air ini dapat menyebabkan kulit kering. Kulit yang kering dapat membuat rasa gatal bertambah buruk.

7. Segera mengganti pakaian jika sudah terasa basah karena keringat. Keringat berlebih selalu memancing tumbuhnya bakteri yang menyebabkan gatal.

Nah, tak sulit kan bu menghindari rasa gatal akibat¬†¬†stretch mark. Selamat menikmati bulan-bulan terakhir si kecil berada di perut ya bu… Sambutlah si kecil lahir dengan kondisi prima dan sehat, dengan begitu si kecil pun merasa nyaman dalam dekapan ibu. (FIT)