Jack’o Lantern Penangkal Katarak Hingga Anti Kanker

Foto:grassroots

Jakarta, Sayangi.com – Dalam perayaan Halloween, ada satu benda istimewa yang selalu ditemui, yaitu Jack O’Lantern, semacam hiasan yang dibentuk dari buah labu yang diisi dengan lilin atau lampu yang menyala.

Labu tadi biasanya diukir dengan bentuk yang menyeramkan dan menakutkan, sehingga pada saat malam tiba, Jack O’Lantern akan menyala dengan menyeramkan.

Tapi tahukah anda, buah labu Jack’o Lantern alias labu kuning yang menjadi simbol hari Halloween itu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Apa saja?

Labu kuning memiliki nama latin Cucurbita moschata D, dan dalam masyarakat Jawa sering disebut dengan ‘waluh’. Labu kuning yang masak memiliki berat antara 3-5 kg, bisa berbentuk bulat atau lonjong tergantung dari varietasnya. Warna kuning atau oranye pada daging buahnya merupakan tanda bahwa buah ini memiliki kandungan karotenoid yang tinggi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Labu kuning yang sudah masak memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti, karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalsium, pospor, besi, natrium, kalium, tembaga dan seng), ß-karoten, tiamin, niacin, serat, dan vitamin C.

Zat gizi yang paling diunggulkan dalam buah ini adalah ß-karoten sebagai sumber vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan menyehatkan sistem reproduksi. Buah labu juga diperkaya dengan vitamin C yang sangat diperlukan tubuh sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Kelebihan lain dari labu kuning adalah kandungan seratnya yang tinggi, yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, kandungan lemak sehat labu kuning juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Biji labu kuning juga mengandung mineral seperti Zn (seng) dan Mg (magnesium) yang sangat penting untuk kesehatan organ reproduksi terutama kelenjar prostat. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa biji labu mengandung senyawa yang disebut fitosterol.

Senyawa ini dapat membantu mengecilkan pembesaran prostat dan meningkatkan produksi testosteron, sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria. Biji labu ini juga kaya akan omega-3 yang membantu aliran darah ke otak.

Kandungan lainnya berupa asam lemak utama, yaitu asam linoleat, asam oleat dan sedikit asam linolenat. Selain itu vitamin E (tokoferol) dan karotenoid yakni lutein dan beta karoten juga ada di dalam daging bijinya.

Manfaat lainnya dari labu kuning yakni dapat membantu mengatasi peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, membantu mengatasi migrain, memelihara kesegaran kulit, mencegah osteoporosis. (FIT)