Turkish Delight: Kenyal, Wangi dan Manisnya Dessert Ala Turki

Foto: veoelmundo.com

Turki, Sayangi.com – Jika Anda pergi ke Turki, setiap kali Anda mengunjungi tempat, mereka akan menyuguhkan anda Turkish Delight. Untuk orang Turki, Turkish Delight adalah makanan wajib yang harus ada di meja makan mereka.

Sekilas melihatnya, Turkish delight lebih seperti permen jeli dengan warna-warni menarik. Ada merah, hijau, kuning hingga coklat. Biasanya warna dari Turkish Delight mencerminkan rasa masing-masing Delight.

Terbuat dari gel sari pati dengan gula, Turkish Delight memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Sebagian besar varietas premium diisi dengan cincangan pistachio, hazelnut ataupun walnut sehingga memberikan rasa gurih yang ngeblend dengan rasa manis jelinya. Yummy!

Turkish Delight versi yang murahnya tak kalah nikmat dikunyah. Diramu dengan air mawar, damar wangi atau lemon membuat rasa legitnya makin komplit.

Sajian imut nan manis ini seringkali disajikan dengan ditaburi gula icing, kopra, atau bubuk krim Tartar, untuk mencegah satu potongan dengan potongan yang lain saling menempel. Jenis umum lainnya, ada pula Turkish Delight dengan rasa kayu manis dan mint.

Dalam proses produksi, pembuatan Turkish Delight biasanya menggunakan soapwort yang digunakan sebagai aditif pengemulsi atau pewarna alami makanan. Soapwort sendiri adalah aditif alami yang berasal dari tanaman saponaria officinalis yang memberikan warna merah muda.

Dipastikan rasanya membuat anda ingin makan lagi dan lagi saking enaknya. Apalagi untuk anda yang suka manis. (FIT)