Pembalap Asing Kembali Berjaya di Etape Ketiga Tour de Ijen

Foto: Sayangi.com/Istimewa

Banyuwangi, Sayangi.com – Para pebalap asing kembali berjaya dan memenangi etape ketiga lomba balap sepeda internasional “Banyuwangi Tour de Ijen 2013” menempuh jarak 113,7 kilometer dari Jajag menuju Genteng, Senin.

Kali ini giliran pebalap tim Aisan Racing Jepang, Shimpei Fukuda, menjadi yang tercepat menyentuh garis finis dalam adu sprint dengan catatan waktu 2 jam 55 menit.

Posisi kedua ditempati Mohd Shahrul Mat Amin dari tim Terengganu Cycling Malaysia dan Mariusz Wiesiak (Matrix Powertag Jepang) dengan catatan waktu yang sama.

Sementara pebalap Indonesia kembali gagal merebut podium setelah Projo Waseso (Jatayu Jateng) dan Aldi Afriani (Custom Cycling Club) berada di urutan keempat dan kelima.

Dominasi pebalap asing pada balapan Tour de Ijen telah berlangsung sejak etape pertama, Sabtu (2/11), yang dimenangi Jason Christie dari tim OCBC Continental Singapura.

Dalam rilisnya kepada sayangi.com, Senin (4/11), Sang juara, Fukuda, mengatakan, dirinya  mencoba menjaga daya tahan selama etape ini, lalu melakukan sprint jelang finish untuk mendobrak dominasi para pebalap dari Tabriz. “Saya fokus menggenjot sepeda di kekuatan optimal jelang finish setelah sebelumnya menjaga diri di rombongan besar pebalap. Ini kemenangan luar biasa, apalagi dukungan penonton luar biasa,” kata Fukuda.

Besok Selasa (15/11/2013) pada etape keempat atau etape terakhir, rute yang ditempuh Kecamatan Kalibaru – kawasan Kawah Ijen dengan kembali menyuguhkan jalur neraka bagi pebalap. Rute sepanjang 171,3 kilometer ini tidak hanya menyuguhkan jalur yang panjang, tapi juga rute tanjakan dan kelokan yang curam. Sejuknya hawa khas pegunungan di kawasan Kawah Ijen di rute ini tidak lantas mengurangi beratnya medan, melainkan justru semakin menantang ketangguhan para racer karena telah terbukti menjadi rute paling sulit dan melelahkan bagi para pebalap BTDI tahun lalu.

Sementara itu, pebalap OCBC Singapore Continental Cycling Team, Jason Christie, masih memuncaki klasemen Individual General Classification. Christie dipastikan tetap mengenakan Yellow Jersey karena berhasil finish di urutan keenam pada etape ketiga hari ini dengan catatan waktu 2 jam, 55 menit.

Untuk general team classification, posisi pertama ditempati OCBC Singapore dengan Tabriz di peringkat kedua. Gap di antara keduanya hanya 2 menit dan 44 detik. Sedangkan posisi ketiga milik Aisan Racing Team.