Halep Tekuk Stosur dan Raih Gelar Keenam Pada 2013

Foto: AFP

Sofia, Sayangi.com – Petenis asal Romania Simona Halep berjuang keras setelah sempat kecolongan sampai akhirnya berhasil mengalahkan mantan juara AS Terbuka Samantha Stosur 2-6 6-2 6-2 pada laga mendebarkan di final “Tournament of Champions WTA”, Minggu, untuk meraih gelar juara keenam tahun ini.

Dengan memenangi turnamen akhir musim WTA di Armeets Arena di Sofia, petenis berusia 22 tahun itu berhak atas hadiah utama sebesar 270.000 dolar dan posisinya naik tiga tangga ke urutan ke-11 pada peringkat dunia, merupakan tertinggi dalam karirnya.

Stosur mengawali final turnamen WTA ke-19nya dengan rasa percaya diri tinggi dan mendapatkan set pertama dengan mudah, kecolongan hanya lima poin pada empat game awal, sedangkan Halep berjuang keras mengatasi permainan dengan pukulan servis yang persentasenya amat rendah.

Namun Halep, dengan pukulan “baseline” agresif, meningkatkan irama permainannya dan mematikan servis lawannya tiga kali ketika memenangi set kedua dan lawannya yang terkenan dengan pukulan kerasnya – merupakan pemain tertua dalam turnamen itu – kehilangan irama permainannya.

Stosur, yang kelihatan dalam permainan meyakinkan ketika di semi final mengalahkan pemain Rusia Anastasia Pavlyuchenkova, meneruskan kepiawaiannya pada set ketiga, tetapi Halep mematikan servisnya pada game ke-21, kemudian memenangi tiga game berikutnya.

Halep, yang juga mengalahkan Stosur di laga final Piala Kremlin bulan lalu, membuat kewalahan pemain berusia 29 tahun dari Australia itu lewat pukulan “backhand” keras, sementara lawannya beberapa kali memukul bola ke luar bidang lapangan.

Setelah tampil kurang meyakinkan pada awal musim ini, Halep mulai melejit Juni lalu ketika memenangi turnamen Nurenberg, Den Bosch dan Budapest, kemudian menambah mahkotanya di New Haven dan Moskow.

Kemenangan Halep itu mendapat sambutan meriah dari pendukungnya warga Romaina, termasuk di antaranya Ilie Nastase dan Menteri Olahraga negeri Balkan Nicolae Banicioiu, yang melakukan perjalanan 370 kilometer ke ibukota Bulgaria itu guna menyaksikan pertandingan.

Ini merupakan yang kedua kalinya event “Tournament of Champions” diadakan di Sofia, yang dialihkan dari Bali, tempat pertandingan pada 2010 dan 2012.

Turnamen berhadiah 750.000 dolar itu dimainkan enam petenis peringkat atas yang memenangi setidaknya sari Seri Tnternasional selama setahun ini. (AFP)