Warga Panik, Pipa Pertamina Meledak

Foto L Sayangi.com/Ardhy

Palembang, Sayangi.com – Warga di jalan Kertapati Palembang, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (4/11) sekitar pukul 11.30 WIB tiba-tiba panik akibat ledakan pipa pertamina di sekitaran kampung mereka meledak.

Bahkan sejumlah warga sempat mengevakuasi barang barang milik mereka sebab takut terjadi kebakaran yang berlebihan, namun Pihak Pertamina menjamin ledakan pipa di kawasan perbatasan Kertapati Palembang-Pemulutan OI itu sudah dapat diatasi dan api sudah dipadamkan. Sehingga, kini dalam tahap evaluasi dan suplai BBM di kawasan Sumbagsel tetap aman.

Safar salah satu warga sekitar menuturkan, mereka bersama warga lainnya langsung berlarian karena memang didekat pipa ada gardu listrik.” Takutnya nantinya menyambar karena mengeluarkan api, ” ucapnya.

Hal serupa pun dikatakan oleh rekannya Husni, dirinya mendengar ledakan seperti “Bom” dan melihat api yang membumbung tinggi disekitar pipa saat sedang istirahat makan siang dirumah.” Setelah tahu ada ledakan dan api, saya langsung membawa keluarga (anak) saya keluar dari rumah,” ujarnya yang lokasi kediamannya tak jauh dari lokasi kejadian.

Dirinya juga mengungkapkan, pipa yang meledak tersebut memang telah terbengkalai dan tidak diperbaiki sejak sekitar setangah tahun belakangan ini.” Apinya besar juga ada mungkin sekitar 20 menitan berkobar,” katanya.

Sementara itu, Sajili (55) salah satu pekerja pipa pertamina yang meledak menjelaskan, pipa pertamina itu merupakan jalur pengiriman minyak jadi ke depot pemasaran Pertamina di kertapati yang jarak lokasi hanya sekitar 100 meter dari ledakan.

“Pipa ini sedang kami perbaiki, namun ketika ditinggal istirahat tiba-tiba meledak, kemungkinan besar akibat uap dan panas sehingga meledak, tak lama dari ledakan tersebut, petugas pertamina langsung memadamkan api dari pipa tersebut,” katanya sembari menambahkan saat ini telah aman.

Di tempat terpisah, senior Pengawas Hubungan Eksternal PT Pertamina (Persero) Pemasaran Daerah Operasi II Alicia Irzanova, saat dikonfimasi mengatakan, pipa yang bocor tersebut bukan pipa yang menyalurkan BBM dari kilang Plaju Palembang ke Kertapati.

“Pipa tersebut sedang dibangun. Bukan dalam perbaikan. sehingga pasokan bbm tetap aman, penyebab meledaknya pipa yang baru dibangun tersebut, dikarenakan uap bahan bakar yang terkena panas matahari, sehingga memicu percikan api,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat sekitar kejadian agar tidak panik sebab api dan masalah lainnya telah dapat diatasi,” Ini adalah hal yang alami dan biasa terjadi sehingga sudah kami antisipasi dengan adanya prosedur HSSE (health safety security and environment), warga jangan panik lagi sudah aman kok, hanya beberapa menit apinya kan sudah bisa dipadamkan, ” ucap Alicia. (MD)