ASI Eksklusif Bantu Langsingkan Badan Paska Persalinan

Foto: the telegraph

Jakarta, Sayangi.com – Ibu yang baru melahirkan seringkali merasa ingin cepat-cepat menurunkan berat badannya kembali seperti semula. Namun, keinginan itu kadang terhalang dengan keinginan ibu untuk menyusui eksklusif buah hatinya. Ada ketakutan tidak bisa memberikan ASI yang berkualitas jika menjalankan diet ketat. Tapi apakah ibu tahu bahwa ternyata proses menyusui ternyata juga berkaitan erat dengan teknik menurunkan berat badan secara alami? Saat menyusui, produksi ASI ternyata mengikis lemak tubuh yang Ibu miliki selama kehamilan, sehingga proses ini dapat membantu mengurangi lemak berlebih pada tubuh.

Aktifitas menyusui mampu membakar lemak yang tersimpan selama kehamilan. Setiap bulannya berat badan Ibu akan berangsur menurun sampai dengan 0,5 kg hanya dengan menyusui. Setidaknya diperlukan waktu kira-kira satu tahun untuk mengembalikan berat tubuh Ibu seperti semula, hasil akan lebih baik jika Ibu mampu menjaga pola makan dengan baik dan rajin beraktifitas fisik.

Ibu juga harus mengatur pola makan yang baik demi ASI eksklusif yang menyehatkan bayi dan ibu dengan cara mengkonsumsi banyak sayur dan makanan yang tinggi protein berasal dari hewani ataupun nabati, kalsium dan zat besi serta mengganti karbohidrat dengan bahan makanan yang rendah gula seperti nasi merah atau gandum. Dengan begitu kuantitas serta kualitas ASI si kecil tetap terpenuhi.

Yang paling penting, Ibu sangat tidak dianjurkan untuk mengurangi porsi makan saat sedang dalam masa menyusui si kecil karena hal ini justru bisa menurunkan kondisi tubuh. Sehingga kualitas dan kuantitas ASI yang Ibu hasilkan tidak cukup baik untuk si kecil.

Seorang Ibu yang menyusui membutuhkan gizi yang seimbang, setidaknya sebesar 2500 kalori. Buah-buahan, sayuran dan karbohidrat serta lemak yang ramah sebenarnya tetap bisa dikonsumsi sesuai dengan keperluan gizi ibu menyusui. Sebaliknya, makanan berlemak jenuh dan gorengan juga tak baik untuk gizi ibu dan bayi. Selain itu, perbanyaklah minum air putih karena sangat berguna bagi produksi ASI. Ibu perlu menambahkan air putih berkualitas sebanyak 700 mili liter per hari (3 gelas) atau total 2700 mili liter (11 gelas) per hari. (FIT)