Pesona Kolam Air Panas Bertingkat di Turki

Foto: tyrkietturisme.dk

Turki, Sayangi.com – Di Provinsi Denizli ada sebuah pemandian air panas yang memiliki pemandangan indah bak istana kapas. Saking miripnya dengan kapas, tempat wisata yang dihujani pengunjung meski saat musim dingin tiba ini disebut Pammukale atau Castle of Cotton yang artinya adalah Istana Kapas.

Pammukale adalah obyek wisata yang istimewa karena memiliki air panas yang mengandung kalsium karbonat. Selain itu, air kaya mineral yang mempunyai suhu 35° C ini dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Anehnya, saat musim dingin tiba, air mineral ini tidak membeku dan masih terasa hangat.

Fenomena alam ini terbentuk akibat gempa bumi besar yang terjadi di Turki ribuan tahun silam. Akibatnya, mata air panas membawa air berkalsium karbonat ke permukaan. Proses penguapan air tersebut membentuk materi berkapur yang membentuk lapisan-lapisan di atasnya.

Dari jauh, Pamukkale tampak seperti pegunungan yang diselimuti air mineral. Kolamnya yang bertingkat memiliki banyak sumber air panas yang seakan tak pernah habis dan terus mengalir. Anda bisa memilih di tingkat mana anda ingin berendam. Senangnya seakan bisa memiliki kolam air panas pribadi beratapkan langit. Indahnya!

Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa menikmati pemandangan indah berupa stalagtit berwarna keemasan. Pamukkale memang tampak seperti kolam bertingkat. Pesonanya pasti mampu membuat anda ingin datang ke sana lagi dan lagi. (FIT)