Rio Jalani Tes untuk Tim Racing Engineering

Foto: Antara

Semarang, Sayangi.com – Pebalap nasional Rio Haryanto, Selasa, menjalani tes di tim Racing Engineering untuk menentukan tim yang akan menjadi tumpuannya saat berlaga pada lomba balap mobil GP2 Series 2014.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, tes dengan tim ini hanya dilaksanakan sekali, yaitu hari ini atau Selasa, sedangkan pada Rabu (6/11) dan Kamis (7/11) dengan tim Caterham Racing.

“Tes dua tim ini dilaksanakan di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, sejak siang hingga malam hari waku setempat, sedangka tes kedua dilaksanakan pada sekitar Febuari 2014,” katanya.

Pada tes kedua mendatang, lanjut dia, ada dua tempat pilihan yaitu Yas Marina atau di Bahrain. “Tetapi kami berharap Rio bisa secepatnya mendapatkan tim untuk berlaga pada musim balap tahun depan,” katanya menegaskan.

Pada tes untuk Racing Engineering ini, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, bersama dengan pebalap asal Inggris Jolyon Pamler, sedangkan untuk pebalap yang menjalani tes di tim DAMS adalah Kevin Magnussen (Denmark) dan Stephane Richelmi, untuk tim ART Grand Prix ada Stoffel Vandoorme (Belgia) dan Arthur Pic (Prancis).

Kemudian untuk tim Arden International ada Nico Mueller (Swiss) dan Rene Binder, untuk tim Carlin ada Jazeman Jaafar (Malaysia) dan Carlos Sainz (Spanyol), untuk tim Russian Time ada Artem Markelov (Rusia) dan Mitch Evans (Selandia Baru), EQ8 Caterham Racing ada Facu Regalia (Argentina) dan Alexander Rossi (Amerika Serikat).

Untuk pebalap yang menjalani tes di Addax Barwa ada Rodolf Gonzalez (Venezuela) dan Nikolay Martsenko, untuk tim Rapax ada pebalap Sansy Stuvik (Thailand) dan Simon Trummer, untuk Trident Racing ada Raffaele Marciello (Italia) dan Julian Leal (Kolombia), untuk tim Hilmer Motorsport ada Daniel Abt (Jerman) dan Andre Negrao (Brasil), untuk tim Venezuela GP Lazarus ada Johnny Cecotto (Venezuela) dan Denis Nagulin (Rusia), serta untuk tim MP Motorsport ada Will Stevens (Inggris) dan Daniel De Jong (Belanda).

Pada musim balap 2012, Rio Haryanto bergabung dengan tim Carlin dari Inggris bersama pebalap setempat Max Chilton. Pada musim tersebut, Rio Haryanto menempati peringkat ke-14 (dari 35 peserta) dengan total nilai 38 dari 12 seri yang digelar mulai Maret hingga November 2012.

Sementara itu rekannya Max Chilton menempati peringkat keempat dengan total nilai 169 dan pada musim balap 2013 ini yang bersangkutan naik peringkat dan berlaga pada Formula One (F1).

Kemudian pada musim balap 2013, pebalap yang berusia 20 tahun ini bergabung dengan tim Addax Barwa yang bermarkas di Valencia, Spanyol. Saat ini Rio bergabung dengan pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig. (ANT)