Ternyata Bukan Hanya AS, Inggris Juga Mata-Matai Jerman

Foto: VOA

Berlin, Sayangi.com – Kementerian Luar Negeri Jerman minta Pemerintah Inggris menanggapi laporan sejumlah media yang menyebut Kedutaan Besar Inggris di Jerman menjadi markas kegiatan mata-mata.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan, Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle telah mengundang Duta Besar Inggris untuk Jerman untuk menjelaskan sejumlah laporan yang dimuat oleh media Inggris. Dalam pernyataan itu, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan, stasiun spionase semacam itu yang beroperasi dari kompleks diplomatik bertentangan dengan hukum internasional.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Inggris mengonfirmasi pertemuan itu, tetapi tidak merilis rincian pembahasan. Undangan Jerman itu adalah langkah diplomatik yang tidak seserius pemanggilan Duta Besar.

Laporan yang dimuat oleh harian Independen di Inggris pada Selasa (5/11) kemarin menyebutkan, pusat spionase elektronik Inggris menggunakan peralatan berteknologi tinggi di atap gedung kedutaan mereka di Berlin untuk menyadap data-data Jerman. Laporan itu didasari dokumen-dokumen yang dibocorkan oleh mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) Edward Snowden. (MSR/VOA)