SBY Minta Penyadapan Jangan Sampai Terulang

Foto: sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar tidak ada lagi aksi penyadapan di masa mendatang yang dapat mencederai hubungan antar-negara.

“Beliau meminta agar hal itu tidak terulang, tidak ada lagi aksi penyadapan di masa depan,” kata Juru Bicara Presiden Julian A Pasha, di Jakarta, Rabu (6/11), terkait laporan media asing yang menyebutkan jika Kedubes AS dan Australia di Jakarta dilengkapi dengan piranti penyadapan.

Presiden, kata Julian, menyampaikan jika persahabatan antar-negara yang berdasarkan kepercayaan tentu tidak dapat menerima aksi penyadapan itu.

Menanggapi aksi penyadapan itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan nota protes terhadap negara-negara terkait.

“Duta besar negara terkait juga telah dipanggil,” katanya seraya menambahkan jika Menlu Marty Natalegawa telah melaporkan kepada Presiden klarifikasi dari negara terkait.

Mengutip penjelasan Menlu kepada Presiden, Julian mengatakan perwakilan negara terkait telah memberikan klarifikasi, namun tidak secara khusus menyangkal atau membenarkan adanya aksi penyadapan.(ANT)