Ucap Sumpah Jabatan, Hamdan Zoelva Resmi Pimpin MK

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Hamdan Zoelva resmi memimpin Mahkamah Konstitusi (MK). Ia resmi menjadi Ketua MK setelah mengucapkan sumpah jabatan, dalam Sidang Pleno di Gedung MK, Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Sumpah jabatan ini diikuti dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan oleh para hakim konstitusi. Dalam sumpah tersebut, Hamdan berjanji akan menjalankan amanah sebagai Ketua MK.

“Demi Allah saya bersumpah, saya akan memenuhi kewajiban Ketua MK dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Hamdan dalam pengucapan sumpah jabatan tersebut.

Selain pembacaan sumpah jabatan Ketua MK, Sidang Pleno juga diikuti dengan pembacaan sumpah jabatan Wakil Ketua MK terpilih Arief Hidayat.

Seperti diketahui, Hamdan terpilih sebagai Ketua MK pada Jumat (1/11/2013) menggantikan Ketua MK sebelumnya, Akil Mochtar. Hal ini setelah Akil diberhentikan secara tidak hormat, karena tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, terkait dugaan suap dalam Pilkada Gunung Mas, Kalimantan dan Lebak, Banten. Akil Mochtar juga dikenakan pasal gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang oleh KPK.

Hadir dalam acara pengambilan sumpah jabatan ini sejumlah pejabat tinggi negara. Di antaranya Ketua KPU Husni Kamil Manik, Wakil Ketua PPATK Agus Santoso, Ketua Komisi III Pieter Zulkifli, politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung, dan Politisi PAN Tjatur Sapto Edy.