Eggi Sudjana Desak KPK Usut Korupsi Donggi Senoro

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia, Eggi Sudjana, menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Rabu (6/11/2013). Kedatangan Eggi ini untuk melaporkan dugaan kasus korupsi dalam pelaksanaan pembangunan kilang gas Donggi Senoro, Banggai, Sulawesi Tengah dengan total kerugian negara sebesar USD1.584 miliar.

“Saya datang kesini untuk meminta KPK mengusut Kasus Donggi Senoro, di mana nilainya mencapai 1.584 milyar US dollar,” kata Eggi Sudjana kepada wartawan.

Eggi mengungkapkan, kebijakan soal proyek ini sebelumnya melalui mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, untuk mengawasi dan menjalankan proyeknya secara benar.

Namun, sejak era pemerintahan SBY-Boediono kata Eggi, banyak ditemukan hal-hal yang janggal dalam proses tendernya.

“Ya dugaan kerasnya bisa sampai ke istana negara. Nah memonya itu dari Wapres Jusuf Kalla. Dalam memo ini minta kepada Presiden SBY supaya masalah gas ini diproses sebaik-sebaiknya dan benar tendernya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga membawa data-data terkait dugaan penyimpangan dalam proyek yang dilakukan PT Pertamina (persero), PT Medco Energi Internasional, Tbk Mitsubishi Corporation sesuai putusan KPPU nomor 35/KPPU-I/2010.

“Ini saya bawa datanya semua, lengkap tentang proses tender yang menyimpang dari aturan,” tutur Eggi. (MI)