Didakwa Pasal Penyuapan, Simon Tidak Ajukan Eksepsi

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Ketua tim Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), M Rum, membacakan dakwaannya untuk Komisaris PT. Kernel Oil Pte Ltd, Simon Gunawan Tanjaya. Dalam dakwaannya, Simon dinyatakan telah melakukan upaya suap terhadap Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Khusus Minyak dan Gas, Rudi Rubiandini.

Dalam pembacaan dakwaan disebutkan bahwa modus penyuapan dilakukan untuk melancarkan tender kondensat di Senipah pada periode Juli-Agustus, dan dengan menjadikan Devi Ardi sebagai perantara pengambil duit suapnya. Selanjutannya, M Rum menyampaikan maksud suap Simon diperuntukkan demi agreement Rudi Rubiandini dalam memenangkan Fossus Energy Ltd sebagai pemegang hak lelang tender.

Menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Kamis (7-11-2013), Jaksa mendakwa Simon dengan anggapan memberikan suap sebanyak 900 dolar amerika dan di kenakan Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dari respons yang di berikan Simon lewat kuasa hukumnya, Yanuar P. Wasesa, tidak akan ada pengajuan eksepsi untuk menanggapi dakwaan tersebut. Baginya, kelangsungan sidang telah memberikan pengertian yang telah di pahami pihaknya.

“Kami tidak akan ajukan Eksepsi,” Responsnya.

Karena tidak ada pengajuan Eksepsi, akan ada sidang lanjutan pekan depan dengan acara pemeriksaan saksi-saksi terkait. Keterangan itu di sampaikan oleh Ketua Majelis Hakim Tati Hardianti sebagai tanggapan atas tidak di ajukannya eksepsi oleh Kuasa Hukum Simon.