Ini Solusi Baru ala BNN untuk Kurangi Pecandu Narkoba

Foto: sayangi.com/istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Ada banyak cara mengurangi pecandu narkoba. Salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan perbengkelan. Inilah yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai kegiatan Pemberdayaan Alternatif bagi masyarakat Komplek Permata, Cengkareng, Jakarta Barat.

Acara yang digelar dari tanggal 6-9 November ini bertempat di tengah-tengah masyarakat Komplek Permata alias Kampung Ambon, Jakarta Barat. Materi pelatihan perbengkelan yang diberikan ini terdiri dari dua macam, yaitu perbengkelan motor dan mobil, dengan jumlah peserta 50 orang.

Kasubdit Masyarakat Perkotaan BNN, Mohammad Ali Azhar mengatakan, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian masyarakat agar dapat berwirausaha. Pelatihan ini kata dia, juga bisa menjadi bekal untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kegiatan peningkatan life skill perbengkelan merupakan salah satu upaya dari program pemberdayaan alternatif di wilayah Komplek Permata agar mereka dapat berperan aktif memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba hingga dapat terwujudnya lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” kata Ali Azhar dalam rilis yang diterima Sayangi.com, Kamis (7/11/2013).

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat memang memerlukan proses dan kerja keras yang ekstra serta dibutuhkan adanya kesadaran dari masyarakat. Ia pun berharap masyarakat dapat bersama-sama mengatasi permasalahan narkoba di wilayahnya.

“Kita akan bisa membayangkan jika semua pihak bisa diberdayakan dan mau bekerja sama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, tentunya akan semakin cepat terwujudnya Indonesia, negeri bebas narkoba,” jelas dia.

Ia juga berharap, instansi terkait bersatupadu untuk terus berupaya menanggulangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kampung Ambon tersebut.

Selain dihadiri Ali Azhar, acara ini juga dihadiri Wali Kota Jakarta Barat yang diwakili oleh Sekretaris Wali Kota Jakarta Barat, Camat Cengkareng, dan Lurah Kedaung. Selain itu juga hadir para Kasi Pemberdayaan Alternatif BNN, Para Fasilitator Komplek Permata,  Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda Komplek Permata, Jakarta Barat.