FAO: Harga Pangan Dunia Makin Stabil

Ilustrasi foto: wordpress.com

Roma, Sayangi.com – Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menyatakan, peningkatan pasokan dan pemulihan persediaan sereal global telah menyebabkan harga pangan lebih stabil dalam beberapa tahun terakhir.

David Hallam, Direktur Divisi Perdagangan dan Pasar FAO menegaskan, harga untuk komoditas pangan yang paling pokok menurun selama beberapa bulan terakhir, karena peningkatan produksi dan harapan pasokan lebih banyak di musim ini, ketersediaan ekspor lebih banyak, serta angka stok yang lebih tinggi.

Peningkatan tajam dalam produksi sereal tahun ini sebagian besar berasal dari pulihnya produksi jagung di Amerika Serikat dan rekor panen gandum di anggota Commonwealth of Independent States (CIS). Sementara produksi beras dunia pada 2013 diperkirakan hanya akan tumbuh sedikit.

FAO memperkirakan, stok sereal global meningkat 13 persen, menjadi 564 juta ton pada akhir 2014, dengan gabah kasar naik 30 persen, terutama di Amerika Serikat. Stok gandum dan beras juga diproyeksikan akan meningkat sebesar tujuh persen dan tiga persen.

Sementara itu, Indeks Harga Pangan FAO, juga juga diterbitkan bersamaan dengan laporan ini, naik sedikit pada Oktober, rata-rata 205,8 poin. Angka ini adalah 2,7 poin atau 1,3 persen di atas September, tetapi masih 11 poin atau 5,3 persen di bawah catatan bulan Oktober 2012. (MSR/ANT)