Ban Rusak, Pesawat Pengangkut TKI Arab Saudi Delay 5 Jam

Foto: Sayangi.com/Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Pemulangan TKI Arab Saudi Kloter pertama mengalami delay karena ada kendala teknis pada pesawat pengangkut. Pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 GA-983 yang semula dijadwalkan berangkat Minggu (10/11) Pukul 00.15 waktu Jeddah terpaksa ditunda karena mangalami kerusakan ban.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) M. Jumhur Hidayat dalam rilis yang diterima Sayangi.com, Minggu (10/11) pagi.

“Kami sampaikan berita dari Duta Besar RI untuk Saudi Arabia dan Ketua Tim Perbantuan Teknis, bahwa keberangkatan pesawat Garuda yg membawa 484 WNI overstayers akan delay yang tadinya rencana berangkat Pukul 00.15 waktu Jeddah atau Pukul 04.15 WIB sampai sekarang belum bisa berangkat karena ada kerusakan ban dan memerlukan penggantian yg memerlukan waktu sekitar 5 jam,” jelas Jumhur.

Jadwal penerbangan yang mengalami delay tersebut menyebabkan waktu kedatangan pesawat di tanah air juga mengalami penundaan. Jumhur memperkirakan pesawat tersebut akan mendarat di Jakarta sekitar pukul 18.00 WIB hari Minggu (10/11).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sayangi.com di BNP2TKI, ada sekitar 7000-an TKI overstay yang akan dipulangkan dari Arab Saudi seiring berakhirnya masa Amnesti oleh Pemerintah Arab Saudi pada 4 November lalu. Dalam kloter pertama hari ini, jumlah WNI overstayer yang akan diberangkatkan sebanyak 484 orang, yang terdiri dari 404 perempuan dan 80 anak-anak serta bayi.