RIP: Ratusan Orang Meninggal Tersapu Topan Haiyan

Foto: BBC

Manila, Sayangi.com – Laporan dari Filipina menyebutkan, sedikitnya ratusan orang meninggal akibat terjangan Topan Haiyan yang melanda kawasan tengah Filipina.

Laporan awal menyebutkan 100 jenazah ditemukan di Tacloban, namun kemudian Palang Merah memperkirakan angka korban mencapai lebih dari 1.000 dan 200 lainnya di Provinsi Samar.

Topan Haiyan merupakan salah satu yang terdahsyat di dunia – kini tengah mendekati Vietnam, sehingga puluhan ribu orang telah dievakuasi. Pusat ramalan cuaca BBC menyebutkan, angin topan ini diperkirakan akan melanda selatan Hanoi hari Minggu siang waktu setempat, namun dengan kekuatan yang tidak sekuat saat menghantam Filipina.

Laporan terakhir dari Badan Bencana Filipina memastikan, 138 orang meninggal pada Sabtu siang waktu setempat. Badan ini menyebutkan, hampir 350.000 orang dilaporkan kehilangan tempat tinggal. Menteri energi Filipina Jericho Petilla bertolak ke Leyte dengan helikopter dan menyaksikan daerah bencana di kota Palo. Ia mengatakan “ratusan” orang meninggal di kota itu saja. (MSR/BBC)