Buah Ini Bisa Bikin Anda Awet Muda

Foto: Cerita Sehat

Jakarta, Sayangi.com – Saat berada dalam cuaca panas, tubuh Anda pasti menginginkan rasa segar untuk melepas dahaga. Buah yang satu ini rupanya tak hanya segar disantap kala cuaca terik, namun juga memiliki segudang manfaat, salah satunya membuat Anda awet muda.

Melon, ya buah yang termasuk dalam famili labu-labuan atau cucurbitaceae ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Buah ini konon berasal dari Timur Tengah dan secara bertahap mengalami penyebaran hingga ke benua Eropa. Bahkan menurut beberapa sumber, catatan tentang buah melon sudah ada sejak jaman Mesir Kuno, yang dibuktikan dengan beberapa tulisan pada piramida.

Dikutip dari beberapa sumber, buah melon selain memiliki rasa yang segar, juga mengandung segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat, protein, lemak, potassium, vitamin A, dan vitamin C.

Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jika buah melon menjadi salah satu buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti:

Serangan Jantung
Kandunganadenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

Anti Kanker
Tak hanya untuk mencegah serangan jantung, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

Cegah Impotensi
Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

Awet Muda
Istilah kolagen sering dipakai didunia kecantikan, yaitu sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Rupanya, zat kolagen juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

Sehatkan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim. (MSR)