Akbar Tandjung Ajak Masyarakat Menghayati Jasa Pahlawan

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Tokoh nasional yang sekaligus Dewan Pembina Barisan Indonesia (Barindo), Akbar Tandjung, mengajak seluruh komponen bangsa untuk sungguh-sungguh menghayati Jerih payah para Pahlawan. Hal itu ia sampaikannya saat memberi sambutan di hadapan peserta acara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat Barindo di Hotel Manhattan Jakarta, Jumat, (10-11-2013).

“Kita harus menghikmati Para pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan Jasa pahlawannya,” Kata Akbar mengutip kata-kata Bung Karno.

Di tanya tentang artikulasi pahlawan dalam konteks hari ini, mantan ketua umum Parta Golkar tersebutĀ  mengartikan bahwa pahlawan hari ini tidak bisa hanya dilihat dari aspek fisik.

“Perjuangan tidak bisa diukur dari perlawanan perang terhadap ekspansi fisik dan agresi militer”, Imbuhnya.

Ia menjelaskan, Perjuangan hari ini mesti diukur dari tanggung jawab seseorang terhadap kehidupannya, lingkungannya, profesinya, danĀ  realitas sosial terdekatnya masing-masing dalam memperjuangkan keadilan, persatuan bangsa, dan Kesejahteraan sosial.

“Hari pahlawan menjadi titik tolak semangat kita”, Katanya.

Di hadapan para Pengurus Barindo, Ia menekankan peran Pemuda untuk terus memperjuangkan indonesia sebagaimana yang diajarkan para pahlawan bangsa. Lebih dari itu, Akbar mengingatkan pemuda untuk selalu menjadi masyarakat yang memegang teguh rasa keadilan dan turut menjaga ketertiban dunia sebagaimana yang di amanatkan Pancasila.