Pukulan Rubuhkan Bintang Piala Dunia Ethiopia Gibeto

Foto: fanabc.com

Johannesburg, Sayangi.com РBintang Piala Dunia Ethiopia Getaneh Kebede Gibeto rubuh terkena pukulan di wajahnya dan si pemukul tidak dihukum wasit pada laga Liga Afrika Selatan minggu ini.

Bek tengah Kaizer Chiefs dan Afrika Selatan, Morgan Gould, memukul hingga rubuh pemain pengganti Wits University itu menggunakan tinju kirinya dan tepat ke wajahnya, pada babak kedua.

Groggy Gibeto meneruskan permainan setelah dirawat beberapa saat, tetapi wasit tidak menghukum Gould pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Soccer City di Soweto.

Gould minta maaf setelah pertandingan yang dimenangi juara bertahan Chiefs 2-1 melalui gol bunuh diri menit akhir yang dilakukan penjaga gawang Wits, Moeneeb Josephs.

“Saya minta maaf kepada pemain Wits yang saya pukul — itu merupakan insiden yang tidak disengaja,” kata Gould.

Gibeto diharapkan dapat memperkuat Ethiopia pada laga “play-off” Piala Dunia melawan Nigeria pada 16 November, setelah pemain itu absen saat timnya kalah 1-2 pada laga leg pertama di kandang pada 16 November, karena cedera.

Chiefs menyia-nyiakan beberapa peluang emas mereka pada babak peretama, sebelum pemain Zimbabwe Kingston Nkhatha mencetak gol pada awal babak kedua.

Ryan Chapman, pemain pengganti bagi mantan striker Manchester City Benjamin ‘Benjani’ Mwaruwari, menyamakan kedudukan pada menit ke-66 lewat tendangan keras dari jarak pendek.

Dalam usaha meraih gelar pertama, Wits kelihatan sudah hampir menang sampai akhirnya Lehlohonolo Majoro mendapat kesempatan mendekat ke gawang lawan dan meloloskan bola dari penjagaan Josephs yang sudah sempat memegang bola.

Chiefs berada di urutan keenam klasemen kompetisi setelah main 10 laga — lima angka di bawah klub puncak Mamelodi Sundowns dan tiga terpaut dari tim urutan kedua SuperSport United. (AFP)